Wednesday, 19 June 2019

Jelang Lebaran Banyak Warga Gadaikan Perhiasan dan Kendaraan

Jumat, 16 Juni 2017 — 11:39 WIB
Demi tambahan dana berlebaran, warga menggadaikan perhiasan emasnya di Pegadaian. (embun)

Demi tambahan dana berlebaran, warga menggadaikan perhiasan emasnya di Pegadaian. (embun)

JAKARTA (Pos Kota) –  Kantor pegadaian mulai dibanjiri masyarakat yang ingin menggadaikan emas dan kendaraan untuk mencari dana tambahan dalam menghadapi Lebaran. Jumlah warga yang menggadaikan barangnya, tahun 2017 ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“Berdasarkan data hari ini, jumlah masyarakat yang menggadaikan perhiasannya naik 15%,” ujar Benazir, petugas Pegadaian Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/6/2017).

Peningkatan jumlah gadai emas ini sudah diprediksi, karena hari raya bersamaan dengan tahun ajaran baru.
“Bukan hanya emas, gadai kendaraan baik motor maupun mobil tren nya juga meningkat jelang Idul Fitri. Pasalnya, masyarakat juga memanfaatkannya sebagai tempat penitipan.”

Agus, salah seorang nasabah pegadaian membenarkan hali ini. “Saya mau mudik ke Sleman. Daripada deg-deg an takut motor hilang pas ditinggal, mendingan ditaruh sini (pegadaian) aja,” ujar Agus. “Lagian dapat uang juga kan dari hasil gadai. Bisa buat nambah uang lebaran di kampung,” ucapnya.

Meski jumlah gadai emas meningkat, namun tak sedikit pula yang melakukan penebusan barang gadaian. Tujuannya, agar bisa tampil cantik dengan perhiasan saat berkunjung ke sanak saudara.

“Biar bisa gaya gitu. Malu ah kalau ‘polos’ (tanpa perhiasan) pas ketemu saudara,” ujar Rita (56) warga Graha Indah Bekasi. (embun)

Teks : Demi tambahan dana berlebaran, warga menggadaikan perhiasan emasnya di Pegadaian. (embun/tri)