Wednesday, 26 September 2018

Mobil Bekas Masih Jadi Primadona Bagi Pemudik

Sabtu, 17 Juni 2017 — 14:18 WIB
mobkas

JAKARTA (Pos Kota) – Mobil bekas ternyata masih menjadi primadona bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pemilik showroom mobil yang berhasil menjual mobil dagangannya selama bulan Ramadhan ini.

Mobil bekas dirasa cocok sebagai alternatif membeli mobil. Pasalnya, selain harga bisa menyesuaikan isi kantong mobil pun bisa langsung dipakai untuk menempuh jarak jauh menuju kampung halaman. Jika mobil baru, maka pembeli harus menunggu keluar nomor kendaraan (plat nomor) yang tentunya tidak sebentar.

Herri S, Kepala Cabang Showroom Inti Mobilindo yang merupakan salah satu dari puluhan showroom di Pusat Otomotif Setra Harapan (POSH) di Jalan Harapan Indah Raya, Bekasi, mengatakan telah menjual puluhan mobil kepada para konsumen yang hendak mudik.

“Saat ini masih ada 17 unit, harga kisaran Rp100 juta sampai Rp200 juta sengaja kita sediakan yang harga standar untuk pemudik namun kualitas pasti kita jamin siap buat mudik,” kata Herri kepada poskotanews.com, Sabtu, (17/6/2017).

Meskipun penjualan meningkat dibanding bulan biasa, namun ia sampaikan bahwa penjualan di Ramadhan 2017 ini agak menurun dibanding Ramadhan tahun lalu. Hal tersebut selain karena berbarengan dengan pagelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) juga persaingan harga dengan penjual mobil baru yang memberikan DP rendah bagi calon konsumen sistem credit.

“Peminat mobil scond masih tinggi sebenarnya. Artinya gini, namanya pembeli cari DP semurah-murahnya dong, kalau DP mobil baru sama dengan mobil bekas orang akan pilih mobil baru mestinya walaupun angsurannya lebih besar dari mobil bekas.┬áTapi seperti biasa dari tahun ke tahun pasti ada peningkatan lah cuma memang agak lesu untuk tahun ini dibanding tahun sekarang, meski ada beberapa faktor juga tidak hanya itu aja,” tutur Herri.

Untuk itu, maka Herri berserta rekan sesama pemain mobil bekas memutar otak mencari cara untuk memikat calon konsumennya. Memberikan bermacam hadiah dan promo baik bagi pembeli mobil cas maupun credit dirasa cara ampuh saat ini pancing pembeli.

“Kita berikan hadiah-hadiah langsung berupa body cover, dan hadiah undian langsung. Jadi undian diambil sendiri pasti ada hadiahnya mulai TV mobil, HP Android sampai yang terkecil pulsa Rp100 ribu pasti dapat. Itu untuk showroom kita,” bebernya.

Peningkatan jumlah pembeli, masih dikatakan Herri, akan berlangsung pada minggu kedua dan ketiga Ramadhan. Untuk diminggu awal biasanya justru akan sepi begitu juga dengan minggu terahir banyak showroom yang sudah mulai menutup toko untuk persiapan Idul Fitri.

“Pengalaman saya sih minggu kedua puasa (pembeli meningkat). Minggu pertama agak sepi, minggu kedua agak rame minggu-minggu ini nih karena minggu kedua biasanya keluar THR itu bisa buat DP kan,” ujarnya sembari terkekeh menutup percakapan. (Yendhi/win)