Tuesday, 19 June 2018

Tips Agar Tak Bablas Saat Belanja Lebaran

Sabtu, 17 Juni 2017 — 8:14 WIB
Ilustrasi belanja. (ist)

Ilustrasi belanja. (ist)

SUDAH bukan rahasia lagi, jelang Hari raya Idul dana yang harus dikeluarkan menjadi dua kali lipat. Tidak hanya untuk keperluan baju lebaran Anda dan keluarga, persiapan dana untuk membeli kue, mempercantik rumah dengan perabotan serta aksesoris baru, dan juga “angpao” Lebaran.

Hal-hal tersebut, sering membuat kita ‘kebablasan’ dan tidak cukup bijak menggunakan dana yang tersedia. Alhasil, dana ‘lebih’ yang didapat dari Tunjangan hari Raya’, sering kali habis tak tersisa.  Kejadian ini sebenarnya dapat dihindari jika Anda cermat dalam mengeluarkan uang. Jika bijak, bukan tidak mungkin dana THR masih bisa disisihkan untuk ditabung kembali.

Tak ada salahnya Anda mencoba beberapa trik berikut ini yang dilansir berbagai sumber, agar dana Anda tak perlu habis berlebihan ketika berbelanja :

  1. Buat Daftar belanja

Meski terdengar klise, tapi daftar belanja terbukti ampuh menyelamatkan para penggila belanja, dari kebiasaan belanja yang berlebihan.

Untuk menyambut Lebaran, buat daftar belanja yang dibutuhkan. Urutkan berdasarkan skala prioritas. Buat daftar “barang-barang kebutuhan primer” (misalnya bahan makanan selama ber-Lebaran), “barang-barang kebutuhan sekunder” (misalnya baju baru untuk bersilaturahmi), dan “barang-brang kebutuhan tradisi” (seperti anggaran khusus untuk beramal maupun membagikan angpau kepada keponakan).

  1. Hitung total bujet

Jika anggaran yang telah Anda susun akan menghabiskan seluruh dana THR, pilih kembali berdasarkan berdasarkan urutan terpenting. Coret yang dianggap tidak terlalu penting, seperti baju baru.

  1. Tabung Sebelum Belanja

Segera sisihkan dana yang akan ditabung dalam rekening berbeda dan, berdisiplinlah untuk tidak menggunakannya.

  1. Kondisikan kantong dengan tradisi mudik

Rencana untuk mudik, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jika memang tidak mencukupi, tak ada salahnya ber-Lebaran di rumah. Lagipula, akan lebih baik jika dana mudik ini dipersiapkan sejak setahun sebelumnya, jika hal ini memang menjadi tradisi Lebaran.(embun)