Sunday, 18 November 2018

Ini Delapan Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas Buat Mudik

Minggu, 18 Juni 2017 — 12:53 WIB
Perhatian kondisi mobil sebelum membeli.

Perhatian kondisi mobil sebelum membeli.

IDUL FITRI identik pada sebagian masyarakat hendak pulang ke kampung halaman atau disebut mudik. Transportasi menjadi bagian penting untuk menempuh perjalanan menuju tempat tujuan.

Mulai dari kendaraan pribadi baik roda dua (motor) maupun roda empat (mobil), bus AKAP, kedaraan massal seperti kereta, kapal, hingga pesawat terbang akan menjadi pilihan masyarakat bertolak dari kota menuju daerah tujuan.

Tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan mudik Lebaran untuk membeli mobil baik bekas maupun baru, atau sekedar tukar tambah berganti tunggangan.

Herri S, Kepala Cabang Showroom Inti Mobilindo, yang merupakan salah satu dari puluhan showroom di Pusat Otomotif Setra Harapan (POSH) di Jalan Harapan Indah Raya, Bekasi, membeberkan hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mobil bekas namun berkualitas, berikut 8 tipsnya:

BODY MOBIL
Tentunya hal paling utama saat membeli mobil khususnya yang bekas adalah kondisi body mobil, meskipun bukan menjadi syarat mutlak. Perhatikan secara detail kondisi cat pada badan mobil, pastikan tidak ada benjolan atau penyok yang mengurangi keindahan mobil itu sendiri. Namun, jika hanya lecet atau goresan kecil ya maklum, namanya juga bekas meskipun kita tetap berharap dapat mobil bekas dan berkualiatas.

MESIN
Nah, cek kondisi mesin ini menjadi hal paling penting bahkan utama kala membeli mobil scond [bekas]. Pastikan benar kondisi mesin calon mobil anda, kalau anda kurang jeli dengan urusan mesin bisa bawa teman yang tau atau seorang teknisi. Buka kap mobil, jika mesin bagus maka akan terdengar halus tidak ada bunyi yang keluar baik saat kondisi standby ataupun saat berjalan, mesin yang terawat akan terlihat bersih dan rapi, tidak ada bekas pembongkaran.

SPEEDOMETER
Perhatikan speedometer atau alat pengukur jarak kendaraan yang terpasang di dasbor mobil. Meski tidak terlalu penting, namun ini bisa menjadi cara untuk mengetahui riwayat perjalanan mobil saat dipakai pemilik sebelumnya. Untuk ukuran yang bagus, speedometer mobil akan menunjukkan jarak tempuh 20.000 KM dalam setahun meskipun angka tersebut bukan menjadi acuan karena ukuran tersebut masih bisa bertambah, kembali pada perawatan pemakai sebelumnya.

INTERIOR
Saat membeli mobil bekas perhatikan juga interior mobil untuk kenyamanan kita berkendara, jika pemakai sebelumnya merawat mobil dengan baik maka interior akan terlihat masih mulus meski mobil keluaran lama. Nah, interior sendiri terkadang juga sudah diperbaiki oleh pemilik showroom untuk memikat pembeli, kalau menemukan mobil kondisi seperti ini mungkin anda termasuk beruntung karena tidak perlu mengganti lagi.

TES DRIVE
Yang pasti saat hendak membeli mobil scond jangan ragu untuk mencoba sendiri kemudi mobil. Jalankan mobil dengan kecepatan sedang, lepas tangan dari kemudi untuk pastikan setir dalam kondisi baik. Setir akan stabil, tidak akan berat kekanan atau sebaliknya jika tidak mengalami masalah, coba goyangkan setir ke kanan dan kiri serta lakukan gas rem secara bergantian untuk mengetahui kestabilan mobil. Jika setir berat ke kanan atau ke kiri, ban terasa berat, setir bergetar pada kecepatan tertentu maka mobil perlu spooring dan balancing yang tentunya butuh biaya tidak murah.

HARGA
Tentunya harga menjadi hal utama saat membeli mobil, pastikan mobil yang akan kita beli sesuai dengan isi kantong. Selain itu, saat beli mobil bekas jangan ragu untuk coba menawar karena biasanya harga bisa berkurang.

BAN
Meskipun tidak begitu utama, namun alangkah lebih baik jika kita beli mobil bekas dalam kondisi ban masih bagus meski tidak baru. Sehingga bisa langsung dipakai untuk perjalanan jauh dan tidak perlu biaya lagi untuk membeli ban.

SHOWROOM
Hal yang tidak kalah penting saat beli mobil bekas adalah pemilihan showroom mobil. Jika showroom tersebut bagus maka akan memberikan pelayanan yang baik dan memberikan mobil bekas yang berkualitas, kita juga akan nyaman saat memilih mobil sesuai kriteria kita dan tentu tidak akan kawatir mobil akan cepat rusak.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan saat anda akan membeli mobil bekas untuk perjalanan mudik anda. Sekali lagi, semua bergantung pada kejelian anda dalam memilih mobil yang ramah buat keluarga. Semoga bermanfaat dan mudik dengan selamat.

(yendhi/sir)