Friday, 18 August 2017

Ini yang Dijelaskan Kapolri ke KPK Soal Kasus Novel Baswedan

Senin, 19 Juni 2017 — 18:10 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di gedung KPK, Jakarta Selatan.  (yulian)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di gedung KPK, Jakarta Selatan. (yulian)

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian mengaku sudah berkomunikasi dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perkembangan proses penyelidikan kasus dugaan penyerangan dengan air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

“Jadi tadi kami sudah menjelaskan ke KPK mengenai progress-progress terakhir, termasuk di ataranya adalah 56 saksi yang sudah diperiksa,” kata Tito, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Tito juga mengatakan, saksi-saksi yang diperiksa termasuk saksi-saksi yang diduga melihat langsung kejadian. Namun, dia ingin identitas saksi ini tetap dirahasiakan untuk kepentingan penyelidikan.

“Ini adalah saksi yang melihat pada saat kejadian. Sehingga kita duga dia adalah saksi ini melihat orang yang tipelogi pelakunya, karakternya, seperti apa badannya, dan seterusnya. Nah ini bagian penting,” ujarnya.

Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya itu pun mengaku sudah mengkonfrontasi saksi dengan beberapa orang yang dicurigai sebagai pelaku. Namun, sejauh ini belum ada yang bisa ditetapkan tersangka karena masih mengumpulkan alat bukti yang cukup.

Hadir pula dalam jumpa pers itu Ketua KPK Agus Rahardjo, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, dan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. Sebelumnya juga tampak hadir memasuki kantor KPK yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan dan Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. (julian/yp)