Saturday, 24 June 2017

Panglima: Yang Merdekakan Bangsa Ini Rakyat Bukan TNI

Senin, 19 Juni 2017 — 21:23 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

JAKARTA (poskotanews.com) -Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meminta agar prajuritnya untuk selalu dekat dengan rakyat. Sebab, sejarah menunjukan, yang merebut kemerdekaan bangsa ini bukanlah TNI, melainkan rakyat.

“Sejarah menunjukkan yang merebut kemerdekaan RI bukan TNI tetapi seluruh rakyat Indonesia. TNI lahir setelah kemerdekaan,” kata Gatot dalam siaran pers yang diterima redaksi poskotanews.com, Senin (19/6).

Gatot menjelaskan, setelah kemerdekaan diraih, sebagian dari para pejuang, termasuk para ulama dan santri ada yang kembali ke profesinya masing-masing. Tapi, ada pula yang terpanggil untuk menjaga Keamanan Rakyat dengan membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pembentukan BKR ini berkembang hingga sekarang dikenal dengan nama TNI.

Jenderal bintang empat ini kembali mengingatkan agar seluruh prajurit bersama seluruh rakyat Indonesia selalu menjaga persatuan. Terbukti, selama beratus-ratus tahun bangsa ini tidak pernah berhasil dalam melawan penjajah karena masih bersifat kedaerahan.

Tapi dengan persatuan hanya perlu 17 tahun kemerdekaan bisa direbut. “Bangsa ini bergotong-royong, bersatu dipelopori oleh para pahlawan, ulama dan santrinya serta rakyat sehingga dapat merebut kemerdekaan dengan senjata apa adanya,” kata Panglima.(us)