Saturday, 21 October 2017

Petugas Puskesmas Kebayoran Lama Bagikan Takjil Gratis

Senin, 19 Juni 2017 — 17:41 WIB
Petugas Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel membagikan takjil sehat gratis ke masyarakat sebagai bagian KPLDH. (Rachmi)

Petugas Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel membagikan takjil sehat gratis ke masyarakat sebagai bagian KPLDH. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Bertugas seraya memperbanyak ibadah terus digenjot jajaran Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Petugas secara swadaya membagikan ratusan takjil gratis ke masyarakat, serta memberi sosialisasi kesehatan.

“Alhamdulillah saya dapat takjil gratis yang sehat dan aman dikonsumsi. Sering-sering aja bu diadakan kegiatan ini,” kata Hermanto,51, pengendara motor saat menerima sebungkus takjil gratis dari Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Selvy Devita di Jalan Raya Kebayoran Lama, Senin (19/6/2017).

Selvy Devita, Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, menjelaskan pemberian takjil gratis tersebut merupakan hasil swadaya jajarannya sebagai wujud kepedulian sosial kepada masyarakat, khususnya kaum muslim yang tengah menunaikan ibadah puasa.

“Kerap kali masyarakat terjebak kemacetan di jalan di saat waktu berbuka puasa, sehingga membeli makanan seadanya. Kami ingin memudahkan masyarakat dan para pengendara dengan memberikan takjil gratis yang bermanfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Ketuk Pintu Layanan Dengan Hati (KPLDH). Aksi sosial tersebut yang kedua kalinya dilakukan tim puskesmas setempat selama Ramadhan, masing-masing putaran menggelontorkan 600 bungkus takjil sehat.

Sebelum dibagikan ke masyarakat, petugas laboratorium dan gizi memeriksa kandungan pada takjil yang berisi buah dan makanan dengan kadar gula rendah. Seraya membagikan takjil, jajarannya juga menyebarkan leaflet terkait kesehatan tentang Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi sebagai tindakan promotif.

“Masyarakat harus intens diberi promosi kesehatan. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?”, pungkasnya. (rachmi)