Friday, 18 August 2017

Polri Tolak Bantu DPR, Angket KPK Jalan Terus

Senin, 19 Juni 2017 — 23:06 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

JAKARTA (poskotanews.com) –Pansus angket DPR terhadap KPK akan berjalan terus. Pansus angket tak peduli meskipun Polri menolak membantu menghadirkan tersangka Miryam S Haryani yang kini ditahan KPK ke Gedung DPR.

“Kami tidak ingin mengomentari terlalu jauh. Kami akan jalani sesuai dengan mekanisme UU MD3. Jadi kalau dipanggil pertama kali tidak hadir, maka panggilan kedua akan dilayangkan,” kata Ketua Pansus Angket Agun Gunandjar Sudarsa, Senin (19/6).

Menurut Agun, apa yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Apa sih yang perlu dikhawatirkan?. Kalau kita berangkat dari sisi kepentingan yang sama, secara terbuka mengungkapkan fakta, kondisi objektif yang ada untuk kepentingan kita bersama,” katanya.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian menegaskan tak bisa membantu Pansus KPK untuk memanggil paksa tersangka keterangan palsu dalam sidang kasus korupsi e-KTP, Miryam. Tito mengatakan jika benar pansus akan menggandeng Polri, hal itu sulit dilaksanakan karena hukum acaranya tidak jelas.

“Kalau memang ada permintaan teman-teman dari DPR, kemungkinan besar tidak bisa kami laksanakan, karena adanya hambatan hukum acara ini. Hukum acara yang tidak jelas,” kata Tito di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017). (us)