Saturday, 24 June 2017

Ronaldo Tidak Cetak Gol, Meksiko Mampu Tahan Imbang 2-2 Portugal

Senin, 19 Juni 2017 — 4:47 WIB
Ronaldo dan kawan-kawanan rayakan gol ke gawang Meksiko (reuters)

Ronaldo dan kawan-kawanan rayakan gol ke gawang Meksiko (reuters)

RUSIA– Cristiano Ronaldo tidak mampu mencetak gol, akhirnya laga Portuga melawan Meksiko di Grup A Piala Konfederasi di Kazan Arena, Rusia , Minggu malam hanya bermain imbang 2-2.

Memang pada laga ini Portugal nyaris menang karena dua kali unggul duluan namun mampu dibalas oleh Meksiko di masa injury time babak kedua.

Gol untuk Portugal dicetak oleh Ricardo Quaresma pada menit ke-34 dan gol Cédric Soares pada menit ke-86. Sedangkan Meksiko dicetak oleh Javier Hernández menit ke-42′, Hector Moreno pada masa injury time babak kedua.

Dengan hasil ini, baik Portugal maupun Meksiko untuk Grup A berada di bawah tuan rumah Rusia yang sebelumnya mampu menang melawan Selandia Baru.

Rusia sendiri akan menjadi lawan berikut Portugal pada Rabu mendatang, sementara Meksiko selanjutnya berhadapan dengan Selandia Baru.

Menghadapi juara Piala Eropa 2016 dengan kapten tim Ronaldo tidak membuat anaka-anak Meksiko jadi minder. Mereka justru memperagakan permainan terbuka dan sering merepotkan Portugal.

Taktik yang mereka lakukan adalah mematikan pergerakan Ronaldo yang meski masih tetap bisa menebar ancaman.

Pada menit-meni awal babak pertama bahkan tampak merepotkan Portugal, namun pelan-pelan Cristiano Ronaldo cs. bisa keluar dari tekanan lawan dan melakukan serangan-serangan berbahaya.

Skuat asuhan Fernando Santos bahkan sanggup menggetarkan jala Meksiko yang dijaga Guillermo Ochoa pada menit ke-21 via aksi Pepe. Namun, gol dianulir wasit usai melihat tayangan ulang berkat bantuan VAR (Video Assistant Referee). Sang pengadil menilai telah terjadi off-side terlebih dahulu.

Akhirnya Portugal benar-benar unggul pada menit ke-34. Mendapat umpan jauh dari lini belakang, Ronaldo berlari menggiring bola ke dalam kotak penalti sebelum dikepung pemain-pemain bertahan Meksiko. Megabintang Real Madrid ini lantas memutar badan kemudian memberikan assist brilian kepada Ricardo Quaresma, yang mengelabui Ochoa sebelum menceploskan si kulit bulat.

Keunggulan Portugal hanya bertahan sejenak. Diawali kesalahan Paolo Guerrero, Meksiko menyamakan kedudukan berkat tandukan Javier “Chicharito” Hernandez menyempurnakan umpan silang Carlos Vela.

Di babak kedua, permainan sempat berjalan stagnan dengan kedua kubu kesulitan menciptakan ancaman serius. Keseruan laga kembali meningkat mendekati peluit akhir saat jual-beli serangan berlangsung intens.

Sundulan tajam Andre Silva, striker baru AC Milan yang turun menggantikan Quaresma, mentah di hadapan penyelamatan gemilang Ochoa, namun kiper eksentrik itu tak bisa berbuat banyak mengantisipasi tembakan keras Cedric menyusul kemelut di sisi kanan kotak penalti.

Gol di menit ke-86 tersebut tampak akan memenangkan Portugal, namun Moreno berkata lain. Sang penggawa anyar AS Roma menyelamatkan satu poin untuk Meksiko dengan tandukan mantap menyelesaikan tendangan penjuru Jonathan dos Santos.(B)