Sunday, 23 September 2018

700 Ribu Pemudik Diberangkatkan dari Senen dan Gambir

Selasa, 20 Juni 2017 — 1:55 WIB
Pemudik terus jejali Stasiun Senen  (rihadin)

Pemudik terus jejali Stasiun Senen (rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemudik terus berjejalan di Stasiun Senen dan Gambir. Bahkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pada Lebaran tahun ini tak kurang dari 700 ribu warga bakal pulang kampung melalui dua stasiun tersebut.

Jumlah penumpang sebanyak itu, ditaksir dari akumulasi keberangkatan mulai 15 Juni-6 Juli 2017. Berdasarkan data dari Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, hingga Senin (19/6), tercatat ada 238.712 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir. Sedangkan 461.294 penumpang lainnya akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, untuk penumpang yang turun di Stasiun Gambir selama masa angkutan Lebaran, 15 Juni-6 Juli, tercatat ada 185.881 orang. Kedatangan terbanyak tercatat pada 1 Juli 2017, yakni 13.975 penumpang. Jumlah penumpang dari kedua stasiun tersebut masih mungkin bertambah.

KERETA TAMBAHAN

Suprapto menerangkan, pihaknya telah menambah 12 kereta di Stasiun r Senen. Selain itu, Doap I telah menyiapkan 25 kereta sebelumnya.‎ “Jadi totalnya ada 37 kereta yang akan diberangkatkan,” ungkapnya, Senin (19/6).

Di Stasiun Senen, sepekan menjelang Lebaran kepadatan penumpang mulai tampak terlihat. Tempat tunggu di stasiun itu penuh dengan pemudik dan barang bawaan mereka. Terlihat banyak juga pemudik yang duduk di lantai lantaran tak dapat tempat duduk.

Ahmad Mujiono, salah satunya. Sejak pukul 08:00, ia sudah datang ke Stasiun Senen bersama istri dan seorang anaknya. Pria asal Madura ini tidak ingin terlambat, meski ia seharusnya baru berangkat menuju Surabaya pukul 13:00.

“Saya rasa seminggu sebelum Lebaran waktu yang tepat buat mudik. Semakin dekat Lebaran itu tambah padat dan tiket bisa habis,” kata Ahmad.

MUDIK GRATIS

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik tak menggunakan sepeda motor. Diharapkan pemudik sepeda motor memanfaatkan mudik gratis dengan beragam moda. Sebanyak 150 ribu orang itu akan diangkut gratis dengan moda bus, kapal laut, dan kereta api.

Pendaftaran mudik gratis khusus moda kereta api sudah dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama pada 16 Februari-16 April 2017, dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak tiga penumpang.

Sedangkan tahap kedua, pada 17 April-4 Juli 2017 (online), menggunakan mekanisme pendaftaran motor saja. Adapun untuk perjalanan arus balik, pendaftaran dilakukan pada 16 Mei-4 Juli 2017 di stasiun persinggahan KA mudik motor gratis di daerah. (ruh/st)