Saturday, 25 November 2017

Tersangka Pungli, Pejabat di Lampung Tidak Penuhi Panggilan Polda

Rabu, 21 Juni 2017 — 16:23 WIB
Kapolda Irjend Sudjarno

Kapolda Irjend Sudjarno

LAMPUNG (Pos Kota) – Dugaan lakukan pungli, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, E, mangkir dari panggilan Polda Lampung. Semestinya E diperiksa kali pertama, Rabu (21/6/2017), sebagai tersangka erkait OTT tim saber pungli.

“Hari ini E, kita panggil untuk diperiksa sebagai tersangka tapi nggak hadir. Kita berharap E hadir untuk menjalani pemeriksaan dan memberikan klarifikasi,” kata Kapolda Lampung Irjen Sudjarno ditemui di Polda Lampung, Rabu (21/6/2017).

Kapolda menjelaskan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pemanggilan kedua. Jika tidak datang juga, maka dilakukan jemput paksa terhadap E. “Kita lakukan mekanisme pemanggilan kedua. Kalau nggak datang, E kita jemput paksa,” tegasnya.

Direktur Kriminal Khusus Polda Lampung, Kombes Rudi Setiawan menegaskan hal serupa.
“Kadiskes Lampung Timur hari ini kita panggil tapi nggak datang. Kita akan panggil lagi untuk kedua kalinya. Kalau nggak datang juga kita jemput paksa,” ujarnya ditemui di Polda Lampung, Rabu (21/6).

Untuk tersangka lainnya yaitu R, kata Rudi, sedang dirawat di RS Bhayangkara.

Rudi menjelaskan, pihaknya telah melakukan gelar perkara untuk menetapkan E sebagai tersangka di kasus OTT dugaan pungli ini. “Kami akan lihat perannya (E) itu apa. Yang pasti sejauh ini sudah ada tersangkanya yaitu R dan E,” ujar Rudi.

Seperti diketahui, tim Saber Pungli Polda Lampung mengamankan R, PNS Diskes Lamtim dalam operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan pungli progam JKN. Dari tangan R, polda mengamankan uang senilai Rp48 juta dan beberapa dokumen. (Koesma)