Sunday, 24 June 2018

Dari Cikarang Utama Hingga Tol Cipali KM 84 Macet

Kamis, 22 Juni 2017 — 10:25 WIB
Kecelakaan di Tol Cipali KM 84 membuat kemacetan hingga tol Jakarta-Cikampek KM26, jelang Gerbang Cikarang Utama. (ist)

Kecelakaan di Tol Cipali KM 84 membuat kemacetan hingga tol Jakarta-Cikampek KM26, jelang Gerbang Cikarang Utama. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Para pemudik merasakan adanya kepadatan arus mudik yang terjadi di Jalan tol Cikampek dan dan juga Cipali (Cikampek-Palimanan). Cipali sudah sangat padat dan sempat macet, hampir tak bergerak. Ternyata ada kecelakaan.

“Macet mulai KM 26 menjelang pintu tol Cikarang Utama. Ampuuun, Cipali kusud banget,” demikian komentar Anjas, pemudik yang sedang berada di Jalan Tol Cipali, melalui pesan singkatnya, Kamis (22/65/2017) pagi.

Kondisi macet saat masih di ruas Cipali sebelum kecelakaan di KM 84. (ist)

Kondisi macet saat masih di ruas Cipali sebelum lokasi kecelakaan di KM 84. (ist)

Menurut dia, laju arus kendaraan sangat lambat, dan seluruh badan jalan penuh kendaraan yang bernasib sama. Setelah perjalanan sampai KM 84 baru diketahui penyebab macetnya arus kendaraan.

“Ternyata, ada kecelakaan di KM 84,” ujarnya sambil memperlihatkan kendaraan yang diderek petugas untuk disingkirkan dari tengah jalan tol Cipali.

Sebelumnya, pihak kepolisian sudah memprediksi lonjakan arus mudik ke arah Jawa Tengah, akan terjadi pada H-3 menjelang Lebaran. Seperti terpantau Pos Kota, arus kendaraan pemudik terus mengalir dari Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Cipali.

“Betul, terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik. Diprediksi, puncak arus mudik hari ini,” ungkap Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti ditemui Pos Kota di Pos Cikopo, Kamis (22/06/2017).

Arman menjelaskan analisanya H-3 hari ini puncak arus mudik lantaran karyawan pabrik sudah memasuki libur lebaran. Disusul kemudian libur aparatur sipil negeri besok. “Lonjakan puncak mudik diprediksi naik 40 persen dibanding lebaran lalu,” katanya.

Namun, ia optimis, mudik tahun ini akan lancar, karena seegala persiapan dan pengaturan, serta aparat yang diterjunkan sudah tersebar di berbagai titik rawan macet. (dadan/win)