Friday, 21 September 2018

Lion Air Bakal Pecat Pilot yang Gunakan Narkoba

Kamis, 22 Juni 2017 — 18:39 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Manajemen Lion Air mengancam memecat pilotnya yang diberitakan mengkonsumsi ganja saat bertugas menerbangkan pesawat.

“Kami menerima informasi salah satu penerbang asing kami positif menggunakan ganja dan kami akan berkoordinasi dulu terkait informasi dan data tersebut dengan BNN,” papar Andy M Saladin, Public Relations Manager Lion Air Group dalam rilisnya Kamis malam .

Menurut Andi, apabila itu pilot penerbang Lion Air maka perusahaan akan langsung memutuskan hubungan kerja dengan pilot tersebut.

Dijelaskan Andi, pimpinan Lion Air sangat mendukung dan berperan serta aktif dalam pemberantasan pengedaran dan penyalahgunaan Narkotika di lingkungan perusahaan.

(Baca: Pilot Ini Sudah Tiga Bulan Gunakan Narkoba Sebelum Terbang)

Bahkan peraturan perusahaan secara tegas mengatakan bila terbukti memiliki, mengkonsumsi atau mengedarkan narkoba akan diberhentikan dengan tidak hormat.

Secara internal perusahaan terus mengingatkan melalui penyuluhan untuk seluruh pegawai dan tidak hanya kepada penerbang tetapi termasuk ground staff akan bahayanya narkoba dan sanksi tegas berupa pemutusan hubungan kerja apabila terbukti sebagai pengguna.

Lion Air telah melaksanakan DAT atau Drug and Alcohol test secara berkala untuk seluruh pegawai kami. Oleh karenanya ungkap Andi perusahaan tidak akan pernah menolerir pengguna narkoba di lingkungan perusahaan maupun pada saat bertugas membawa pesawat. (dwi)