Friday, 16 November 2018

Tips Hindari Pencopet Saat Mudik Dengan Bus Antar Kota

Kamis, 22 Juni 2017 — 16:45 WIB
ilustrasi

ilustrasi

PEMUDIK mulai memadati terminal untuk pulang kampung merayakan Lebaran. Kondisi seperti ini banyak dimanfaatkan penjahat untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Dan para pemudik, khususnya penumpang bus, kerap menjadi sasaran empuk bagi ‘tangan-tangan nakal’ ini.

Untuk mengurangi resiko kecopetan, ada beberapa tips menghindari copet di dalam bus antar kota, diantaranya sebagai berikut:
1. Jangan memakai perhiasan atau barang-barang yang berharga selama di bus kota.

2. Jangan sekali-sekali mengeluarkan Hp, apalagi seri terbaru. Karena copet suka dengan barang-barang seperti ini, selain mahal, Hp juga ringan serta mudah digenggam.

3. Jangan berpikir copet itu berpakaian sembarangan atau berpakaian seperti preman. Copet biasanya berpenampilan menarik, mereka berpenampilan layaknya seorang mahasiswa atau orang kantoran. Jadi jangan mudah percaya dengan sosok rapi nan gagah, karena bisa jadi ternyata copet.

4. Waspadai penumpang yang naiknya bergerombol. Karena Copet biasanya berkelompok, terdiri dari 5 – 7 orang. Jika di dalam bus, mereka akan bertingkah laku seolah tidak kenal satu sama lain.

5. Siapkan uang pas atau recehan untuk membeli keperluan selama diperjalanan.

6. Bawa tas yang bahannya kuat dan ga mudah dibuka. Sebaiknya gunakan tas selempang, karena lebih efisien.

7. Sebaiknya pisahkan surat-surat berharga dengan dompet anda, karena kehilangan surat berharga akan lebih sulit mengurusnya.

8. Kalau merasa sudah tercopet, segera lapor ke pak sopir, agar sopir segera melapor ke kantor atau pos polisi terdekat, agar pelaku yang masih didalam bus bisa ditangkap.

Selamat menikmati perjalanan mudik dan tetaplah waspada.(Tri)