Wednesday, 26 September 2018

Di KA Gumarang, Anies Dicium, Penumpang Riuh Tepuk Tangan

Jumat, 23 Juni 2017 — 16:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan (ikbal)

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan (ikbal)

JAKARTA  (Pos Kota) РGubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan meninjau arus mudik Lebaran 2017 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017). Anies tiba di stasiun sekitar pukul 15:25 dan disambut penumpang kereta.

Anies sempat berbincang-bincang dengan pemudik yang masih menunggu di jadwal keberangkatan di luar peron stasiun. “Mau mudik kemana? Ati-ati ya,” ujar Anies.

“Ke Surabaya Pak,” jawab pemudik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian masuk ke dalam area stasiun, naik kereta Gumarang Jurusan Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi, dengan keberangkatan pukul 15:45.

Di dalam kereta Anies menyapa para pemudik. Tidak sedikit penumpang yang meminta foto bersama. ¬†“Pak foto Pak, buat kenang-kenangan,” pinta ibu berkerudung coklat.

anies baswedan

Anies melayani dengan senyum setiap penunpang yang meminta berfoto bersama. Anies juga menyapa satu keluarga yang mudik dengan anak bayinya.

” Aduh, ada yang bawa bayi, ya. Jadi inget waktu mudik dulu. Siapa namamya?” tanya Anies sambil menggendong bayi tersebut.

“Fajar Pak,” jawab ayah bayi.

Saat digendongan, sang bayi yang merasa nyaman mencium pipi Anies. Sontak adegan tersebut mendapat tepukan dari pemudik lainnya.¬† “Pesan tiket dari kapan nih?” tanya Anies kepada penumpang lain.

” Dari H-90 pak. Jam 11 malam lagi pak,” jawab penumpang tersebut.

Anies juga sempat melihat ruang kemudi masinis di gerbong terdepan. Kepada masinis, Anies memberi pesan agar melaksanakan tugas dengan baik dan berhati-hati.

Setelah itu tepat pukul 15:45, Anies memberangkatkan kereta Gumarang. Mengenakan topi milik Kepala Stasiun KA Pasar Senen, Anies menagangkat semboyan satu sebagai tanda keberangkatan kereta.

Sebelum kunjungan Anies ke Stasiun Pasar Senen, Wakapolri Komjen Syafrudin dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan sempat meninjau pelaksanaan mudik Lebaran pagi hari.

Diketahui, pada H-2 Lebaran jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen mencapai 27.058 penumpang. Suprapto menambahkan, berdasarkan data dari keberangkatan tanggal 15 Juni hingga 28 Juni 2017 terjadi lonjakan penumpang hingga 26 ribu setiap harinya. (ikbal/win)