Saturday, 22 September 2018

Tips Mengatasi dan Menghadapi Macet Saat Mudik

Jumat, 23 Juni 2017 — 11:34 WIB
macet-toga 5

DUA hari menjelang Lebaran, arus mudik dari Jakarta menuju sejumlah daerah mulai padat, baik yang menuju Pulau Jawa dan juga Sumatera. Kemacetan dan antrian kendaraan tidak bisa dihindarkan. Kondisi ini tentu saja membuat tidak nyaman bagi pemudik. Berikut kami berikan sejumlah tips untuk menghindari macet di jalan:
1. Cek Info Lalu Lintas
Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencari info lalu lintas. Pelajari apakah jalur perjalanan yang Anda lewati rawan macet. Anda bisa memperoleh info lalu lintas ini dari satuan lalu lintas daerah yang bakal Anda lintasi via akun twitter atau media sosial lainnya. Bahkan saat ini sudah ada aplikasi waze di mana Anda dapat mengecek apakah jalur yang akan Anda lewati mengalami kemacetan.

2. Mencari Jalur Alternatif
Menghindari jalur utama bisa jadi pilihan untuk menghindari jalan yang menjadi langganan macet. Gunakan GPS atau aplikasi waze, untuk bisa menemukan jalur alternatif.

3. Pilihlah Transportasi Umum
Untuk menghindari lelah mengemudi berjam-jam, sebaiknya mudik dengan menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum, berarti sudah mengurangi atau menghindari kemacetan di jalanan. Untuk transportasi umum, Anda bisa memilih kapal laut, pesawat, kereta api, ataupun bus. Pesawat paling nyaman, namun tentu harganya paling tinggi. Untuk ongkos mudik yang lebih murah namun nyaman dan bebas macet, Anda bisa memilih kereta api ataupun kapal laut. Bus paling irit, namun ada kemungkinan Anda akan terjebak macet. Tapi tho Anda tidak harus mengemudi, kan?

4. Hindari Mudik dengan Sepeda Motor
Jika memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi, hindari mudik dengan sepeda motor. Berbahaya! karena sangat rawan kecelakaan. Apalagi ditambah bila Anda mudik bersama keluarga dan membawa anak-anak plus membawa banyak barang. Keselamatan Anda dan keluarga harus menjadi prioritas.

5. Bagi Anda yang Membawa Mobil Pribadi, Siapkan Tandem
Untuk Anda yang mudik dengan membawa mobil pribadi, akan lebih baik jika Anda menyiapkan tandem alias mengemudi bergantian. Saat Anda lelah, Anda bisa gentian mengemudi.

6. Cek Kondisi Kendaraan
Sangat penting untuk memeriksa kondisi kendaraan yang akan Anda kemudikan saat mudik. Ada baiknya bila Anda mengeceknya ke bengkel terlebih dahulu. Jika tidak sempat ke bengkel, beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dicek antara lain adalah:
• Cek part fast moving mobil Anda seperti kampas rem, brake shoes, kampas kopling, timing belt, filter oli, busi, dan juga filter udara.
• Cek kapan terakhir kali Anda mengganti oli. Jika sudah hampir mendekati waktu ganti oli, tak ada salahnya ganti oli lebih cepat untuk kondisi mesin yang lebih prima.
• Cek kondisi AC mobil. Lakukan pembersihan AC mobil secara menyeluruh. Anda juga bisa melakukan penambahan Freon agar AC mobil Anda lebih sejuk.
• Periksa air radiator. Lebih baik menggunakan radiator coolant.
• Cek kondisi kaki-kaki dan shockbreaker.
• Cek kondisi ban mobil Anda. Jangan lupa untuk membawa ban cadangan. Jangan lupa pula untuk membawa dongkrak dan peralatan standar lainnya untuk mengganti ban.

7. Drive Safely!
Utamakan keselamatan. Jaga jarak dengan mobil di depan Anda, minimal 2-3 meter. Seandainya mobil depan Anda tiba-tiba mundur Anda tidak perlu khawatir bemper mobil Anda akan kena “cium”. Begitu juga bila mobil di depan Anda tiba-tiba mogok, Anda masih bisa menyalip / pindah jalur. Jika terjebak macet, lihat dua mobil di depan mobil Anda. Jika ingin berpindah jalur, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein. Hindari mengerem mendadak. Siapkan juga kotak P3K di dalam mobil Anda.

8. Istirahat Saat Lelah
Tak perlu memaksakan diri. Jika mata sudah terasa berat atau tubuh lelah, lebih baik Anda beristirahat. Jangan sampai Anda ketiduran. Tubuh yang terlalu lelah pun akan membuat Anda kurang konsentrasi mengemudi. Anda bisa berhenti di rest area, tidur sejenak, ataupun berhenti untuk makan sejenak. Setelah tubuh Anda segar kembali, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan lebih semangat!

9. Siapkan Pengusir Kejenuhan
Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai pengusir kejenuhan.Sepertia menyiapkan CD-CD lagu favorit Anda, cemilan, dan tentu saja gadget Anda. Bagi Anda yang tidak mengemudi, Anda bisa memainkan gadget Anda ataupun membaca buku. Pastikan baterai gadget Anda terisi penuh, termasuk power bank Anda.

10. Tak Perlu Stres
Cobalah untuk tidak fokus pada kemacetan yang mengepung Anda. Fokuslah pada kenyataan dalam beberapa jam Anda akan berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara tercinta. Sembari bermacet-ria, Anda bisa mengobrol bersama keluarga Anda di mobil. Have a quality time with them. Bahkan kalau perlu, nyanyilah bersama di dalam mobil. Anda memberengut pun jalanan tetap akan macet. So, lebih baik dibawa ceria saja, bukan?(Tri)