Saturday, 20 October 2018

Terima Kunjungan Keluarga Napi, Rutan Depok Terapkan Pengamanan Berlapis

Senin, 26 Juni 2017 — 8:56 WIB
Pengunjung di Rutan sudah mulai memenuhi tempat ruang tunggu tamu kunjungan di Rutan Depok. (angga)

Pengunjung di Rutan sudah mulai memenuhi tempat ruang tunggu tamu kunjungan di Rutan Depok. (angga)

DEPOK (Pos Kota) – Rumah Tahanan (Rutan) Depok menerapkan penjagaan berlapis dalam rangka penerimaan kunjungan keluarga narapidana.

Kepala Rutan Depok, Sohibur Rachman,  mengatakan penerapan sistem pengamanan berlapis ini sebagai upaya antisipasi hal yang tidak diinginkan selama masa kunjungan warga binaan perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu untuk kunjungan bagi warga binaan mencapai 1.500 orang yang dikala itu untuk jumlah tahanan ada 7.00 orang. Diprediksi untuk tahun ini akan lebih dari 1.500 orang yang akan kunjungan lantaran jumlah tahanan ada 933 orang,”ujarnya kepada Poskota, Senin (26/6/2017) pagi.

Alasan menerapkan pengamanan berlapis lanjut Sohibur adalah untuk menutup beberapa ruang gerak supaya dapat lebih termonitor keluar dan masuknya ke Rutan.

“Nanti bagi yang akan berkunjung akan ditandai khusus dengan mengenakan gelang nomor dan stempel,”tambahnya.

Selain itu Sohibur juga bekerjasama dengan pihak Polresta Depok, TNI dan petugas internal Rutan berjumlah 20 orang untuk menjaga keamanan dalam Rutan dan pengunjung.

“Kita juga menyiapkan anjing pelacak di tiap pintu pos penjagaan untuk perlindungan para pengunjung membawa benda-benda dilarang termasuk narkoba,”tutupnya.
(angga/sir)