Friday, 16 November 2018

Wakapolda Pantau Naik Trail

Jalur Wisata Pantai di Banten Macet Parah.

Selasa, 27 Juni 2017 — 13:56 WIB
wakapolda dibonceng motor trail.(haryono)

wakapolda dibonceng motor trail.(haryono)

ANYER (Pos Kota) – Memasuki libur lebaran atau H+2 Idul Fitri 1438 Hijiryah, Selasa (27/6/2017), jalur menuju obyek wisata pantai di Provinsi Banten macet parah.

Kemacetan panjang bahkan sudah terjadi dari Kota Cilegon arah Pantai Anyer yang jaraknya puluhan kilometer. Ribuan kendaraan memadati jalur lingkar selatan Kota Cilegon hingga Anyer, Kabupaten Serang.

Kemacetan kendaraan juga terjadi di jalur Serang – Pandeglang wisata Pantai Tanjung Lesung dan Pantai Carita Pandeglang, tepatnya di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Rata-rata para pengunjung harus menempuh waktu lebih dari tiga jam menuju pintu masuk obyek wisata.

Menghadapi kemacetan ini, kepolisian jajaran Polda Banten melakukan rekayasa lalulintas dengan memberlakukan sistem satu arah menuju pantai wisata di sepanjang Anyer. Sistem satu arah dilakukan agar kendaraan ke kawasan Anyer bisa bergerak dan tidak terjadi penumpukan di sejumlah ruas jalan di Kota Cilegon.

“Kita berlakukan sistem satu arah agar kendaraan yang akan ke Anyer lancar. Untuk kendaraan dari berlawanan, kita arahkan ke jalur-jalur alternatif,” ungkap Wakapolda Banten, Kombes Pol Aan Suhanan, saat melakukan pemantuan dengan menggunakan kendaraan motor trail.

Menurut Perwira menengah tiga melati ini, persoalan klasik yang terjadi di jalur wisata ini karena pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan kondisi infrastruktur jalan. Walau kondisi jalan saat ini relatif baik, namun karena kondisi jalan yang sempit ditambah dengan kurangnya kantong-kantong parkir mengakibat arus kendaraan tersendat.

“Jadi masalahnya ada pada kondisi jalan yang kurang lebar. Ditambah tidak sedikit pemilik kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan sehingga mengganggu arus lalulintas,” kata Wakapolda.

Dalam tugas pamatauan ini, Wakapolda juga menyempatkan mampir ke pos pengamanan yang ada disepanjang jalur wisata. Kehadiran orang nomer dua pada jajaran Polda Banten ini juga sekaligus memantau kesiapan kondisi serta memberikan motivasi kepada para personilnya yang bertugas dalam melayani masyarakat yang ingin berwisata.

Selain memberikan semangat, Wakapolda juga mengingatkan para personilnya agar tetap waspada dengan perkembangan situasi terkini. “Sebagai pelayan, pelindung dan pengayom tentunya harus bekerja dengan ikhlas, sabar dan waspada,” kata Wakapolda. (haryono/tri)