Friday, 21 September 2018

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Hari Jumat

Rabu, 28 Juni 2017 — 21:18 WIB
Kendaraan pemudik antre panjang di jalur arah Nagreg sedang jalur menuju Bandung terlihat lancar. (dok. twitter dishub prov jabar)

Kendaraan pemudik antre panjang di jalur arah Nagreg sedang jalur menuju Bandung terlihat lancar. (dok. twitter dishub prov jabar)

JAKARTA (Pos Kota) – Jasa Marga memprediksi puncak arus balik lebaran 2017 terjadi pada Jumat (30/6/2017). Berdasarkan perkiraannya, sekitar 110 ribu kendaraan akan melintas di jalan tol untuk kembali ke Jakarta.

Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, memprediksi jumlah arus balik meningkat 40,6 persen dibanding lalu lintas harian normal rata-rata yang sebanyak 78 ribu kendaraan. “Prediksi kami nanti akan ada 110 ribu kendaraan yang balik melintasi jalan tol,” katanya, Rabu (28/6/2017).

Menurut Heru, untuk mencegah membludaknya kendaraan di puncak arus mudik itu, pihaknya meminta warga untuk pulang lebih awal. Dimana untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus balik, pemudik disarankan untuk kembali sebelum 29 Juni. “Lebih baik pulang lebih awal agar tak terjadi penumpukan. Partisipasi aktif dari pengguna jalan tol dapat mewujudkan arus balik yang nyaman dan aman,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Heru, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai informasi untuk arus lalulintas di jalan tol. Dimana Jasa Marga menyediakan layanan informasi real time, yang dapat diakses melalui call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, akun Twitter@PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR, serta aplikasi mobile JMCARe.

“Untuk mencegah penumpukan, silahkan warga mengakses situs kami yang siap memberikan informasi setiap saat atas kondisi lalulintas yang ada. Semua ini demi kenyamanan dan kelancaran dalam arus mudik kali ini,” pungkasnya. (ifand)