Saturday, 17 November 2018

Kak Seto Sesalkan Buku Cerita Anak Tak Senonoh

Kamis, 29 Juni 2017 — 21:37 WIB
buku

JAKARTA (poskotanews.com) –Buku cerita anak yang mengandung kalimat tidak layak menjadi perbincangan di media sosial. Buku tersebut diterbitkan CV Nuansa Aulia Bandung Tahun 2016 berjudul Si Kabayan Super Kocak, Kumpulan Cerita Kabayan yang Cerdik dan Menggelitik.

Informasi di media sosial yang viral, publik menilai buku Si Kabayan itu tak layak dibaca anak-anak. Kata-kata yang yang vulgar dan menggunakan diksi yang tidak senonoh seperti selingkuhan, playboy, dan istri simpanan kurang tepat.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Seto Mulyadi, prihatin dengan ditemukannya kata-kata tidak senonoh dalam buku cerita anak tentang Si Kabayan tersebut. Dengan kalimat seperti itu mestinya tidak pantas dibaca anak-anak.

“Ada kata-kata di buku itu yang belum saatnya dibaca anaka-anak. Jika terlanjur dibaca bisa berdampak pada kebingungan anak hingga melakukan hal-hal keliru nantinya,” kata Seto Mulyadi.

Pada buku tersebut antara lain memuat kata-kata seperti istri simpanan, selingkuhan, dan dukun cabul. Karena itu Kak Seto mengimbau, agar buku tersebut segera dilaporkan dan ditarik dari peredaran oleh penerbit. (us)