Thursday, 27 July 2017

Macet Gagal ke Anyer, Warga Pilih ke Batu Kuwung

Kamis, 29 Juni 2017 — 18:22 WIB
Pengunjung berenang di tempat wisata Batu  Kuwung, Kabupaten Serang.

Pengunjung berenang di tempat wisata Batu Kuwung, Kabupaten Serang.

SERANG (Pos Kota) – Tak ingin terjebak macet, wisatawan lokal maupun luar Banten enggan melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata Pantai Anyer. Sebagai tempat liburan alternatif yang tak kalah menarik, para wisatawan lebih memilih objek wisata pemandian air panas Batu Kuwung di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Ini dilakukan karena tak ingin berlama-lama di jalan. Juga, mereka menilai lokasi wisata Batu Kuwung tidak terlalu jauh.

“Dari pada ke Pantai Anyer, keluarga memutuskan untuk berlibur ke Batu Kuwung aja,” kata Marjuki (35), wisatawan asal Bojonegara, Kabupaten Serang, Kamis (29/6/2017).

Menurutna, berlibur ke Batu Kuwung tidak menguras isi kocek. Soal harga tiket masuk, dirinya cukup merogoh kocek Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Soal parkir, pengelola Batu Kuwung menyediakan lahan parkir cukup luas.

“Tiket parkirnya juga pantas, tidak seperti di Pantai Anyer banyak pungutan,” kata karyawan swasta ini.

Sementara itu, Andi Adnan (45), warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengatakan setelah mengetahui masih terjadi antrian kendaraan, ia memilih masuk ke pemandian air panas. Ia tak keberatan tak sampai ke Anyer karena sudah beberapa kali ke tempat itu.

“Karena sudah pernah singgah, saya meyakini keluarga jika Batu Kuwung tidak kalah menarik dengan Pantai Anyer. Alhamdulillah, keluarga kelihatannya senang,” kata Andi.

Batu Kuwung merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Serang. Obyek wisata pemandian air panas di kaki Gunung Karang ini memiliki luas 7,8 hektar. Di dalam Batu Kuwung terdapat 3 kolam renang, masing -masing kolam memiliki kadar panas yang berbeda-beda.

Di antaranya ada kolam air panas yang digunakan banyak orang untuk terapi, kedua kolam air dingin yang digunakan untuk bilas, dan ke tiga kolam dingin yang disediakan untuk anak-anak. Selain fasilitas kolam renang, di dalamnya juga terdapat fasilitas taman bermain anak-anak seperti ayunan, perosotan dan komedi putar.

Untuk diketahui, wisatawan lokal maupun luar daerah Banten yang berkunjung ke kawasan wisata Pantai Anyer pada Kamis (29/6/2017) atau H+4 lebaran Idul Fitri masih dihantui kemacetan. Antrian kendaraan mengepung seluruh akses menuju wisata Pantai Anyer. memadati Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju kawasan wisata Pantai Anyar, Kamis (29/6/2017).

Bahkan di Jalur Lingkar Selatan Kota Cilegon, anterian kendaraan mencapai belasan kilometer. Pemandangan serupa juga terjadi antrian kendaraan yang melintasi Kabupaten Pandeglang. Begitupun dengan jalur di Kabupaten Serang yang melintasi objek wisata Batu Kuwung juga terjadi antrian. Tidak salah jika wisatawan membelokan kendaraannya ke lokasi wisata milik Pemkab Serang ini. (haryono)