Wednesday, 21 November 2018

Ribuan Warga Wisata Religius ke Rumah Si Pitung dan Masjid Alam

Kamis, 29 Juni 2017 — 17:20 WIB
Ratusan warga memadati kawasan masjid Al Alam. (wandi)

Ratusan warga memadati kawasan masjid Al Alam. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Lokasi Masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung yang terletak di kawasan Marunda Cilincing Jakarta Utara tetap menjadi pilihan warga Jakarta Utara mengisi hari libur Lebaran. Selain tujuannya untuk menikmati alam yang ada di lokasi tersebut, warga juga mengaku ingin berziarah di makam guru Si Pitung.

Seperti yang diungkapkan oleh Tarmi 48, Warga Kampung Bahari, Tanjung Priok Jakarta Utara. Ia mengaku  baru pertama kali mengunjungi wisata religius Masjid Al-Alam, kedatangannya selain untuk berwisata di pesisir utara Jakarta juga ingin berziaroh di makan yang ada di lingkungan masjid tersebut.

“Keinginan saya ingin berziarah dan wisata di lokasi ini sudah lama, tapi baru hari ini saya dan keluarga bisa datang kesini. Mudah-mudahan dengan berzhiaroh ini saya bisa ingat mati sekaligus bersilahturohmi dengan wali-wali Allah,”terang Tarmin, Kamis (28/6).

rumah pitung1

Menurutnya, dirinya mendengar cerita dari tetangga soal masjid Al-Alam terutama terdapat sumur yang airnya tidak pernah kering walaupun sudah berusia ratusan tahun. “Padahal sumurnya dekat laut, tapi kok airnya tidak asin. Ini benar-benar kuasa Allah,” kata bapak dua anak tersebut.

Hal senada juga disampaikan, Wahyu 40, Warga Kedung Halang, Bogor. Ia bersama rombongan menggunakan bus pariwisata mengunjungi destinasi wisata Marunda. Selain akses jalannya sangat mudah berwisata di Marunda juga gratis.

“Informasi wisata ini kami dapat dari Sosial media.Ternyata wisatanya masih alami. Dan yang unik selain ada pantai juga ada cagar budaya Masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung” ujarnya.

Sementara itu, Ajid 45, Warga RW 7 Marunda mengaku sangat senang dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Wisata Marunda. Selain suasana menjadi ramai juga mendatangkan rejeki bagi warga sekitar terutama pada pedagang yang berjualan disekitar lokasi.

“Memang destinasi wisata Marunda ini pengunjung selain bisa menikmati alam pantai, makanan khas laut juga bisa melihat cagar budaya Masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung. Makanya setiap hari libur kawasan ini selalu ramai di kunjungi warga, sehingga dapat meningkatkan ekonimi warga sekitar,”terang Ajid.

Diakui oleh bapak tiga anak, di lokasi Marunda, ini yang membuat menarik pengunjung bisa melihat masjid Al-Alam dan Rumah Si Pitung yang usianya ratusan tahun masih berdiri. Selain itu warga juga dapat menikmati pesisir yang tak jauh dari masjid. (wandi/win)