Wednesday, 21 November 2018

Arah Jakarta Cipali Sempat Macet Parah, Arus Dialihkan

Sabtu, 1 Juli 2017 — 16:20 WIB
Arus balik ke Jakarta di tol Cipali macet. (ist)

Arus balik ke Jakarta di tol Cipali macet. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Kemacetan di jalur Pantura, baik tol maupun jalan negara, membuat pengemudi arus balik jengkel. Beberapa kali kena macet, mulai dari Kendal, Batang, lalu di tol Cipali. Tapi, tak bisa berbuat apa-apa, harus tetap sabar.

“Hadeuh, nggak nyampe-nyampe. Tadi semalaman baru sampai Batang,” kata Putra, yang akan balik ke Cikarang, Sabtu (1/7), dari mudiknya di Ponorogo, Jawa Timur.

Di tol Cipali arah Jakarta menurutnya, juga terjadi kemacetan. Dia ibaratkan seperti barisan mobil parkir di jalan tol, memanjang entah berapa kilometer.

Kondisi di Cipali sempat dipotret oleh seorang warga yang melintas ke arah Jawa Tengah. Menurutnya, sekitar dua jam lalu, terjadi kemacetan panjang, bahkan beberapa mobil diparkir di pinggir tol, dan pengemudinya keluar istirahat.

“Sekitar 2 jam lalu, kondisi Cipali seperti ini,” tulisnya Agus, dalam satu grup WA, yang diunggah beberapa saat lalu.

Kondisi kemacetan arus balik di Tol Cipali arah Jakarta diakui oleh Polri melalui akun twitter @TMCPoldaMetro. Karena kemacetan itu, petugas mengambil langkah, kendaraan yang telah memasuki tol tersebut dialihkan melalui jalur Pantura.

“Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengarahkan kendaraan menuju Jakarta di exit GT Kertajati melalui Pantura,” tulis @TMCPoldaMetro, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Tak hanya mengarahkan kendaraan ke jalur Pantura, petugas kepolisian juga memberikan ‘bonus’ kepada pengendara arus balik. Mereka yang keluar dari gerbang Tol Kertajati tersebut akan dibebaskan dari biaya tol.

“Untuk mengurai kepadatan di Tol Cipali, Gerbang Tol Kertajati Subang akan di gratiskan, mengurai kepadatan rest area KM 130 dan KM 102,” tulis akun NTMC POLRIā€¸ @NTMCLantasPolri.

Berdasar pantauan dari warganet, kemacetan panjang di Tol Cipali arah Jakarta sudah terjadi sejak pukul 10.15 WIB. Bahkan kendaraan tak bergerak setelah sampai di KM 110. “Tol Cipali arah Jkt KM 110 exit pintu tol Subang macet total,” tulis @teguhhandika.

Hal yang sama terjadi di exit tol Indramayu arah Jakarta. Kendaraan di lokasi tersebut macet total. Keadaan serupa juga dirasakan pengendara di KM 147 tol Palimanan arah Jakarta. Di sini, kendaraan arus balik lebaran macet cenderung tidak bergerak. (win)