Tuesday, 13 November 2018

Hari Ini Puncak Arus Balik di Stasiun Senen dan Gambir

Minggu, 2 Juli 2017 — 16:53 WIB
balik

JAKARTA  (Pos Kota) – Mulai Senin (3/7/2017) aktivitas di Jakarta akan kembali normal mengingat cuti bersama Idul Fitri usai. Aktivitas perkantoran dan instansi pemerintahan pun dimulia kembali. Karenanya, diyakini, hari ini, Minggu (2/7/2017) masih merupakan puncak arus balik.
Puncak arus balik ini dapat terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ribuan penumpang akan tiba hingga malam nanti dari berbagai daerah Jawa timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Senior Manager Humas PT KAI Daop I, Suprapto mengatakan hari ini merupakan puncak arus balik di Stasiun Pasar Senen dan Gambir.
“Perkiraan kami,  puncak arus balik terjadi selama 3 hari,  yaitu tanggal 30 (Juni), 1 Juli dan hari ini, 2 Juli,” ujar Suprapto, Minggu (2/7/2017).
Suprapto menjelaskan selama masa puncak tersebut jumlah penumpang kereta api yang tiba di Stasiun Pasar Senen dan Gambir tidak berbeda secara signifikan.

“Adapun perbedaannya sangat tipis sekali. Jadi bisa kita anggap sama.  Di Stasiun Pasar Senen diperkirakan 24.744 penumpang akan turun. Sedangkan di Stasiun Gambir, jumlah kedatangan penumpang mencapai14.839 orang,” imbuh Suprapto.

Suprapto menambahkan, jumlah penumpang di kedua stasiun tersebut dapat berubah hingga sore dan malam hari nanti. Sebanyak 36 kedatangan  perjalanan kereta dilayani hari ini dengan rincian 24 dilayani dengan kereta reguler, sedangkan 12 perjalanan dilayani kereta tambahan pada musim Lebaran.
Diketahui, selain di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, penumpang juga dapat turun di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi. Di Stasiun Jatinegara, penumpang yang turun mencapai 3.865 sedangkan penumpang turun di Stasiun Bekasi sebanyak 1.296 penumpang.
Hal ini berbeda dengan pemberangkatan yang hanya dapat di lakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. (ikbal)