Monday, 23 October 2017

Kapolri: Arus Mudik dan Balik Relatif Lancar

Senin, 3 Juli 2017 — 14:01 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kadiv Humas Mabe3s Polri Irjen Setyo Wasisto.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kadiv Humas Mabe3s Polri Irjen Setyo Wasisto.

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai lalu lintas pada arus balik Lebaran 2017 tidak mengalami kepadatan yang signifikan. Bahkan, menurutnya, arus balik relatif lancar.

“Untuk operasi kita bisa laksanakan dengan baik yang pertama adalah masalah pengamanan arus balik dan arus mudik arus mudik relatif lancar, tidak banyak permasalahan yang berarti baik yang ke arah barat ke arah Jawa Tengah, Jawa Timur maupun yang ke arah selain ke arah timur maupun ke arah barat yang menuju Sumatera,” kata Jenderal Tito di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Meski begitu, Jenderal Tito tidak menampik terjadi penumpukan kendaraan di beberapa daerah. Tapi, kata dia, kepadatan kendaraan tersebut bisa diselesaikan dengan baik oleh petugas yang melakukan pengamanan lalu lintas.

“Memang ada kepadatan, tapi tidak sampai stuck apalagi berjam-jam. Kita perkirakan akan padat di daerah Cipali, Cikampek dan di Nagreg Gentong memang terjadi kepadatan, tapi relatif berjalan permasalahannya,” katanya.

Jenderal Tito menjelaskan, adanya kepadatan di sejumlah tol, dikarenakan banyaknya kendaraan yang keluar-masuk rest area.

Selain itu, kepadatan juga karena banyak kendaraan yang menepi untuk beristirahat di bahu jalan, lantaran kapasitas lahan parkir di rest area belum memadai.

“Kalau di daerah Cipali itu rest area yang penuh banyaknya keluar masuk rest area, sehingga masyarakat yang mungkin lelah dari perjalanan panjang, mereka ingin beristirahat di rest area karena penuh, akhirnya di bahu jalan ini membuat panjang sehingga terpaksa harus dialirkan keluar jalur yang lain termasuk jalur Pantura,” katanya.

Kapolri menambahkan, kemacetan jalur mudik lebaran tahun ini tidak banyak mengalami permasalahan, dikarenakan adanya pembangunan tol dan jembatan layang di kawasan Brebes, Jawa Tengah sangat membantu petugas polisi untuk mengatur lalu lintas kendaraan para pemudik.

Jenderal Tito juga banyak berterimakasih dengan peran aparatur pemerintahan terkait yang turut membantu pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

“Ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dari Polri, Kementerian Perhubungan, TNI, terutama Kementerian PUPR, Bapak Presiden dengan langkah-langkah beliau untuk membuat jalur sepanjang 110 KM dari Brebes ke Gringsing itu sangat menolong untuk mengurai arus,” ujar Jenderal Tito.

Demikian juga pembangunan untuk flyover dari Brebes menuju ke arah selatan itu bisa melancarkan arus yang selama ini terganggu oleh lintasan kereta api jadi.

[TbNews/sir]