Saturday, 20 October 2018

Obama ‘Pulang Kampung’ Bernostalgia Masa Kecil

Senin, 3 Juli 2017 — 7:23 WIB
obama-joko

AGAKNYA Lebaran sudah go internasional. Buktinya, mantan Presiden AS Barack Obama pun menyempatkan mudik ke Indonesia, untuk berlebaran dengan Ngersa Dalem (Sultan HB X) dan Presiden Jokowi. Selama 6 hari dia menikmati alam Indonesia, dari Bali, Yogyakarta dan tentu saja Jakarta.

Makna Lebaran bagi Obama bukan sekedar bermaaf-maafan dengan kolega dan pejabat Indonesia, tapi juga untuk bernostalgia dengan masa kecilnya di negeri ini sekitar 47 tahun lalu. Bukankah pepatah lama mengatakan:setinggi-tinggi bangau terbang, akan turun ke pelimbahan juga.

Bagi Barack Obama yang masa kecilnya di Indonesia (1967-1971), ada dorongan kuat untuk bernostalgia. Sekali waktu ingin napak tilas dengan wilayah yang pernah dikunjungi dan ditinggalinya di negeri ini, saat ikut bapak tirinya, Lolo Sutoro yang menikahi ibunya, Ann Dunham.

Saat menjadi Presiden AS (2009-2017) Barack Obama juga pernah berkunjung ke Indonesia. Tapi sebagai presiden yang terikat ketat protokol kenegaraan, tak bisa bebas blusukan ke sana kemari. Maka dia sampai rerasanan, kapan-kapan sudah tak jadi presiden, ingin kembali ke Indonesia untuk bisa bebas makan duren di pinggir jalan.

Keinginan tersebut tercapai sudah. Dengan mengambil momen Lebaran 1438 H, mantan Presiden AS ke 44 itu menyempatkan diri ke Indonesia bersama anak istri dan rombongannya, sebanyak 14 orang. Pesawat yang digunakan tentu saja bukan Air Force One lagi, tapi cukup pesawat kecil carteran Gulfstream G-V N50JE, yang berdaya angkut 20 orang termasuk awak pesawat.

Dalam usia 6 tahun kala itu, untuk pertama kali Barry (panggilan akrab Obama) kecil menginjakkan kakinya di bumi Indonesia. Ketika ibu dinikahi Lolo Sutoro sarjana topografi lulusan Universitas Hawai, tahun 1967 diboyong ke Jakarta. Selama 4 tahun di Indonesia, Barry sering juga diajak ayah tirinya ke Yogyakarta, dan juga Bali.

Maka ketika berkunjung ke Indonesia selama 6 hari ini, Obama ingin napak tilas tempat-tempat yang pernah dikunjungi di masa kecil. Puas bernostalgia di Bali, melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Obama sangat kagum akan Sultan HB X yang begitu ramah menyambutnya. Dia juga sempat nonton wayang di Hotel Tentrem, mengunjungi candi Borobudur dan Prambanan.

Di Jakarta Obama disambut Presiden Jokowi di Istana Bogor. Jokowi mengajak mantan Presiden AS itu berkeliling Istana Bogor, lalu santap bersama. Di antaranya makan sate kambing sepiring berdua. Jika masih menjabat tentu bisa menjalin kerjasama ekonomi. Tapi karena Obama sudah bukan lagi Presiden AS, yang bisa dilakukan Obama – Jokowi ya cukup kerja sama bidang persatean. – gunarso ts