Monday, 19 November 2018

Pengumpulan Zakat Fitrah Sukabumi Hanya Rp2 Miliar

Senin, 3 Juli 2017 — 15:03 WIB
BAZNAS

SUKABUMI (Pos Kota) – Pengumpulan zakat fitrah di Kota Sukabumi, Jawa Barat  hanya mencapai Rp2 miliar dari Rp3 miliar yang ditargetkan tahun ini.

Besaran tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,5 persen atau Rp100 juta dibanding realisasi pengumpulan zakat fitrah tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,9 miliar.

Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kota Sukabumi, K.H. Muhammad Kusoy menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan target zakat fitrah meleset.

Di antaranya masih banyaknya lembaga pengumpul zakat fitrah di luar Baznas, seperti Lembaga Dompet Dhuafa dan lembaga-lembaga lainnya, serta masih banyaknya warga masyarakat yang menyalurkan zakat fitrahnya secara langsung kepada perorangan.

“Baznas akan  melakukan evaluasi, terkait dengan tidak tercapainya target pengumpulan Zakat Fitrah 1438 Hijriyah ini,” kata Kusoy yang membidangi Perencanaan, Keuangan, Pelaporan, Administrasi dan SDM (Sumber Daya Manusia) Baznas ini, Senin (3/7/2017).

Disebutkan Kusoy, besaran zakat fitrah  per jiwa Rp28 ribu, atau dengan beras seberat 2,5 kilogram, ditambah Infaq Ramadhan Rp2 ribu.

Hasil pengumpulan zakat fitrah dan Infaq  antara lain sebesar 75 persen atau sebesar 6 per 8 bagian, jelas Kusoy, sudah disalurkan kepada para mustahik, fakir, miskin, fisabillilah, amilin, ibnu sabil dan ghorimin, sesuai dengan ketentuan Syariah Islam, tepatnya pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun  oleh setiap UPZ di wilayahnya masing-masing.

“Dan sebesar 25 persen atau sebesar 2 per 8 bagian yang disetorkan ke Baznas Kota Sukabumi, untuk mendayagunakan usaha produktif kaum dhuafa,” tandasnya. (sule/tri)