Saturday, 24 August 2019

Mesin Pendaftaran Cuma Satu, Pasien RSU Tangsel Terpaksa Antre Dari Malam

Selasa, 4 Juli 2017 — 8:15 WIB
warga atau calon pasien di RSU Tangsel antre mendapatkan nomor pendafataran. (anton)

warga atau calon pasien di RSU Tangsel antre mendapatkan nomor pendafataran. (anton)

TANGSEL (Pos Kota) – Calon pasien atau masyarakat yang ingin berobat di rumah sakit umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluhkan pelayanan berbasis digital yang hanya memiliki satu mesin pendaftaran, sehingga antrean panjang selalu terjadi dari malam hingga subuh.

“Kondisinya hampir setiap malam hingga subuh seperti ini antrean panjang hingga ke luar ruangan pelayanan pendaftaran,” kata Ny. Tuti, warga Pamulang, Senin (3/7/2017).

Dia  berharap ada penambahan mesin antrean mengambil nomor giliran berobat ke dokter yang dituju di RSU Kota tangsel, Jl. Raya Pajajaran, Pamulang.

Jika seperti ini terus, lanjutnya, kasihan masyarakat karena bisa tidak berobat akibat sulit mendapat nomor antrean.

“Rumah sakit sekelas kota harusnya memiliki minimal tiga unit mesin antrean kalau hanya satu unit sama seperti Puskesmas di kecamatan,” tuturnya .

Kondisi seperti ini sudah terjadi seja k beberapa minggu belakangan ini. “Tapi belum mendapatkan respon atau perhatian serius Pemkot Tangsel,” tambah Ny. Ratih, warga Ciputat yang mengaku jika lelah terpaksa duduk atau berjongkok di sela  antrean warga lainnya.

SETIAP HARI 100 ORANG

Menanggapi masalah itu, Direktur RSU Tangsel Suhara Manulang kepada wartawan, mengatakan pihaknya memang telah mengajukan tambahan mesin digital untuk nomor pendaftaran melihat kondisi yang tidak sehat bagi calon pasien amaupun masyarakat karena harus antre sejak mala

“Sebetulnya RSU Tangsel juga memberikan pelayanan melalui aplikasi SMS Gateway tapi kebanyakan calon pasien atau masyarakat datang langsung ke RSU untuk mendapatkan nomor pendaftaran,” ujarnya . “Disini  pasien yang ingin berobat bukan hanya warga Kota Tangsel tapi dari banyak dari daerah perbatasan seperti Depok, Bogor dan Jakarta Selatan. (anton/tri)