Saturday, 23 September 2017

Selidiki Pelaporan Kaesang, Polisi Kerja Sama dengan Kominfo

Rabu, 5 Juli 2017 — 14:25 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Bachtiar.(yendhi)

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Bachtiar.(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) –  Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Bachtiar membenarkan adanya laporan terhadap seorang pria bernama Kaesang atas tuduhan hate spaech (ujaran kebencian).

Namun, ia belum bisa memastikan Kaesang yang dimaksud adalah putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Hero mengatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan penyelidikan untuk memastikan terlapor dan unsur pidana yang dituduhkan, berdasarkan barang bukti dari rekaman youtube di sebut terlapor diduga Kaesang Pangarep.

“Makanya saya jawab, ini masih penyelidikan. Kaesang yang dimaksud siapa kan dalam YouTube. Kita mesti klarifikasi dulu. Dalam youtube orang yang mirip Kaesang,” kata Hero kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu, (5/7/2017).

Dalam laporan Polisi yang diterimanya, masih dikatakan Hero, hanya tertera nama Kaesang dan tidak disebutkan anak Joko Widodo atau Jokowi. Pihaknya akan melakukan pendalaman untuk memastikan hal tersebut termasuk bekerjasama dengan Kominfo dan cyber crime.

“Oh enggak tahu (judul Youtube), enggak tahu. Makanya masih dalam penyelidikan. Baru kemarin kan (laporan). Udah itu saja ya. Masih ada proses selanjutnya nanti. Masih dalam proses penyelidikan. Berkoordinasi dengan siber, koordinasi dengan Kominfo. Masih banyak yang akan dilakukan,” tuturnya.

Dari data yang di terima poskotanews.com, laporan dibuat Muhammad Hidayat S pada Minggu 2 Juli 2017, Pukul 21.00 WIB di Polres Metro Bekasi Kota dengan Nomor Polisi LP/1049/K/VII/2017.

Dalam laporan tersebut mencantumkan nama Kaesang sebagai terlapor atas tuduhan Penodaan Agama dan Ujaran Kebencian SARA. Barang bukti yang disertakan pelapor berupa print out youtube.

(Baca: Kaesang Anak Jokowi Dilaporkan ke Polisi)

Dalam pernyataan sebelumnya, Kapolresta Bekasi sempat membenarkan yang dilaporkan itu adalah Kaesang anak Jokowi. (Yendhi/win)