Saturday, 23 September 2017

Kata ‘Ndeso’ Kaesang Makin Heboh Oleh Tokoh Berblangkon Ini

Kamis, 6 Juli 2017 — 13:43 WIB
Ustad Abu Janda al-Boliwudi

Ustad Abu Janda al-Boliwudi

JAKARTA (Pos Kota) – Ujaran ‘dasar ndeso’ yang disampaikan Kaesang Pangarep lewat Youtube telah menimbulkan kontroversi. Namun, ujaran dasar ndeso itu membuat Ustaz Abu Janda Alboliwudi, akun di Facebook, meroket namanya.

Sebab, Ustaz Abu Janda Al-Boliwudi lewat video membuat ungkapan-ungkapan khasnya, yang kemuddian mendapat sambutan luas dari akun-akun yang berteman dengannya.

Nama Abu Janda itu sendiri sebenarnya plesetan yang konon diambil dari tokoh ISIS Indonesia, yakni Abu Jandal yang dilaporkan tewas di Syuriah.

Akun Ustaz Abu Jandal Al-Boliwudi ini sempat membuat heboh dengan tayangan video parodu di Youtube  yakni ‘Ancaman ISIS Terhadap KPI-PARODI ancaman ISIS terhadap TNI’ di Youtube.

Tokoh fiksi Abu Janda ini dibuat oleh Permadi Arya pada Desember 2014 sebagai respon atas video ancaman petarung ISIS asal Indonesia Abu Jandal kepada TNI.

Kali ini untuk tema ‘dasar ndeso’ melejit ‘ndompleng’ heboh Kaesang Pangarep (putra bungsu Presiden Jokowi) dipolisikan warga Bekasi.

Kaesang dianggap telah melakukan ujaran kebencian dan penodaan agama melalui vlog-nya yang bertajuk #PapaMintaProyek lantaran ia terlalu banyak mengatakan kata ‘Dasar Ndeso’ di dalam video-nya.

Gaya Kaesang dan kata ‘dasar ndeso’ yang telah menjadi viral di medsos itu dimanfaatkan Ustad Abu Jandal Al-Boliwudi untuk bahan video parodi di akun Facebook dan muncul pada Rabu (5/7/2016).

Tayangan terbaru ini, Ustaz Abu Jandal al_Boliwudi mengikuti gaya Kaesang yang berkata ‘Dasar Ndeso’ seperti di vlog-nya, dan mengungkap fenomena-fenomena di Indonesia belakangan ini.

Misalnya saja, ada oran boikot Starbucks, padahal masih minum kopi sachetan. Kemudian juga ada orang-orang yang mengatakan uang baru RI ada logo PKI, tetapi terima uang THR dalam bentuk uang baru tidak menolak.

Ia juga menyenggol orang-orang yang meminta penegakan hukum, tetapi saat hukum ditegakkan malah dikatakan kriminalisasi. Selain itu, masih banyak lagi fenomena-fenomena yang terjadi di Indonesia lainnya yang ia sebutkan di dalam video parodinya.

Video berdurasi 1 menit 7 detik ini dengan titel  kata-kata tersebut, dan merujuk atau mendukung Kaesang. “”DASAR NDESO! Salam Kecebong. #KamiBersamaKaesang,” tulis =Ustaz Abu Janda al_Boliwudi pada titel tersebut.

Video itu sudah mendapat sambutan luar bisa, sudah dibagikan 7.800 kali, dan 2.647 komentar, 14 ribu like. Komentar-komentar itu antara lain sebagai berikut.

Aku Meita Glen menilai vlog bikinan Ustaz Abu Janda ini layaknyanya milik Kaesang. “Keren vlognya nggak kalah sm Kaesang, ngikut d… Dasar Ndeso!!!, tulis akun bernama Meita Glen.

“AQ Salut Segan Senang mendengarkan Pernyataan Ustad A janda semua masuk akal krn semua yg diutarakan berdasarksn kenyataan yg ada, Akurat Merakyat,” ujar Budha Antara.

Akun Kecer Adi Nugroho mengajak omong Ustaz Abu Janda dan kemudian memberi sindiran kepada pihak lain. “Hasyuuuuu, wis kuwalik utek e tadz. Dikit dikit lapor dikit dikit lapor, giliran kena kasus NGACIIIIIRRRR gak balik balik,” ujarnya.

Akun Iyan Hutapea menyindir pihak yang melaporkan Kaesang. “Pak ustad tolong bilang sama kaesang yg laporin itu memang ndeso. Bukan anak sosial media. Masa ga tau kaesang itu anak presiden,” tulisnya.

Akun Arif Akhmad mendukung Ustad Abu janda, dan meneruskan ‘perjuangannya’. “Hidup ustad abu janda… Lawan terus para cecunguk2 NDESO itu y baru pada demam keislam2an. Wkwkk,” katanya.

Vlog dari Abu janda mendapat pujian dari Ģuide Þour Ďèwà. Ia menulis singkat dan dikaitkan dengan masalah NKRI. “Apikkk tenan pak ustad abu janda…..aq jga wong NDESOOO maju terus demi NKRI,” ungkapnya.

Masih banyak lagi ungkapan-ungkapan yang disampaikan komentator dan nadanya semua mendukung Ustad Abu Janda al-Boliwudi serta Kaesang Pangarep. (win)