Friday, 20 September 2019

Dukcapil Tangsel Terpaksa Gelar Layanan KK Malam Hari

Jumat, 7 Juli 2017 — 13:22 WIB
Jajaran Disdukcapil Kota Tangsel membuka pelayanan malam hari untuk membantu masyarakat melihat atau mengecek serta membuat KK, perekaman KTP maupun lainnya. (anton)

Jajaran Disdukcapil Kota Tangsel membuka pelayanan malam hari untuk membantu masyarakat melihat atau mengecek serta membuat KK, perekaman KTP maupun lainnya. (anton)

TANGSEL (Pos Kota) – Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpaksa menggelar pelayanan terpadu malam hari di beberapa wilayah, karena banyak masyarakat yang membutuhkan kartu keluarga (KK) baru untuk keperluan mendaftarkan anaknya bersekolah.

“Hampir sebagian besar warga yang mengurus keperluan di pelayanan malam hari oleh Disdukcapil Kota Tangsel hanya untuk memperbaharui KK sebagai salah satu  persyaratan Pendafataran Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi atau wilayah,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto, Jumat (7/7).

Pihaknya terpkasa menggelar pelayanan malam hari di beberapa wilayah karena banyak warga yang membutuhkan KK baru untuk keperluan PPDB bagi anaknya melanjutkan sekolah di wilayah tersebut, katanya yang menilai masih banyak warga yang mengganggap sepele KK, KTP maupun surat keterangan lain akiabtnya saat dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan baru kebingungan.

Selama dua hari ini membuka posko pelayanan malam hari jajaranya telah menerima serta memberikan pelayanan kepada 500 warga yang ingin mengurus atau memperpanjang KK sebagai salah satu syarat wajib PPDB karena setiap calon siswa atau murid harus menyantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat mendaftar.

Tidak hanya memberikan pelayanan membuat KK baru, perekaman E KTP dan lainnya, tambah dia, tapi sejumlah warga kebanyakan juga ingin menanyakan atau mengecek NIK bagi anaknya yang belum masuk dalam daftar di KK terbaru. “Namun tentunya KK baru tidak bisa langsung jadi sehingga hanya dibuatkan surat keterangan saja berkaitan nomor KK,” tuturnya.

Lukman, satu warga Ciputat, mengauki bahwa dirinya terpaksa datang mengurus dan mengecek keberadaan KK baru untuk keperluan anaknya melanjutkan ke SMP yang membutuhkan NIK dari KK tersebut sebagai salah satu syarat pendaftaran sekolah. “Kebetulan anak saya belum masuk daftar KK yang baru jadi sekalian mengecek nomor KK,” tuturnya. (anton/win)