Saturday, 17 November 2018

Kali Cakung Lama Dinormalisasi

Sabtu, 8 Juli 2017 — 6:25 WIB
Alat berat sedang mengeruk lumpur di Kali Cakung Lama. (Wandi)

Alat berat sedang mengeruk lumpur di Kali Cakung Lama. (Wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Guna mengantisipasi banjir, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara melebarkan Kali Cakung Lama yang berada di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading dan Kelurahan Sukapura, serta Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing sepanjang 1,5 km. Pengerukan ini dilakukan karena saat ini kondisi kali penuh dengan lumpur dan juga sudah menyempit.

Sebelum dinormalisasi, baik pihak kelurahan sudah melalukan sosialisasi kepada warga bersama pengurus RT serta RW.

Camat Cilincing, Purnomo mengakui Sudin Sumber Daya Air, sudah mengeruk lumpur di Kali Cakung Lama. “ Diharapkan pada musim penghujan nanti akan dapat menampung air sehingga kedepan tidak akan menimbulkan genangan dan banjir,”kata Purnomo, Jumat (7/7).

Ditambahkan Camat, pengerukan ini dilakukan sejak pertengah April 2017 dan diperkirakan akan selesai akhir Desember. Dan jika nanti normalisasi kali ini sudah selesai dipastikan sejumlah wilayah akan terhindar dari banjir dan genangan.

Senja Muji, Ketua Rt 10/05, Semper Barat mengaku sangat mendukung proses pengerukan kali tersebut. Menurutnya, memang selama ini kondisi kali tersebut penuh dengan lumpur dan sudah mulai menyempit.

“Selama ini kalau hujan sebentar saja air pasti akan menggenangi pemukiman warga. Namun, setelah dilakukan pengerukan ini mudah-mudahan tidak akan terjadi genangan dan banjir lagi,”terang Senja. (Wandi)