Wednesday, 19 September 2018

Penyu Malang Itu Akhirnya Terbebas dan Dilepas di Pantai Loji

Sabtu, 8 Juli 2017 — 9:51 WIB
Pegiat satwa melapas seekor penyu di laut selatan Sukabumi. (sule)

Pegiat satwa melapas seekor penyu di laut selatan Sukabumi. (sule)

SUKABUMI (Pos Kota) – Penyu sisik merupakan binatang yang habitatnya di pantai. Penyu sisik di Sukabumi ini, sempat mendapat perlakuan yang kurang baik oleh warga, mungkin karena ketidakmengertiannya.

Beruntung, penyu menawan itu diselamatkan, dan dilepasliarkan di Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Sukabumi. Harapannya, penyu-penyu ini bisa segera bisa bergabung dengan habitatnya.

Adalah sejumlah aktivis pegiat satwa dari Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Nyalindung yang memiliki kepedulian terhadap satwa penyu yang unik ini.

PPSC dibantu sukarelawan PMI Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melepasliarkan seekor penyu sisik (Eretmochelys Imbricata) ke perairan laut selatan tepatnya di Pantai Loji, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jumat (7/7).

Aksi ini sebagai upaya penyelamatan, setelah penyu malang tersebut sempat ditangkap seorang warga. “Satwa yang tergolong Apendix 1 Cites. Penyu-penyu  ini hasil penyerahan sukarela dari salah satu warga di Kecamatan Nagrak, Sukabumi,” ungkap salah satu aktivis penyelamat satwa Atep Maulana.

Penyu tersebut, kata Atep, dilepasliarkan kembali di Pantai Loji karena daerah tersebut gelombangnya tidak terlalu tinggi dan diharapkan bisa bergabung kembali ke habitatnya.

Atep mengapresiasi warga yang secara sukarela menyerahkan hewan langka untuk dikembalikan lagi ke alamnya agar bisa berkembangbiak sehingga populasinya meningkat.

Sebelumnya penyu malang ini sempat dipelihara oleh warga selama tiga hari. Warga menemukan penyu itu terjerat karung di Pantai Cibangban Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi saat berwisata. (sule/win)