Friday, 21 September 2018

Ratusan Truk Beroda Enam Terjaring Operasi di Caringin

Selasa, 11 Juli 2017 — 22:26 WIB
Di antara ratusan truk yang terkena operasi di Caringin, Bogor, Selasa (11/7/2017).

Di antara ratusan truk yang terkena operasi di Caringin, Bogor, Selasa (11/7/2017).

BOGOR (Pos Kota) – Satlantas Polres Bogor melakukan operasi kelayakan truk yang melintas di jalur Ciawi, Selasa (11/7/2017). Operasi ini langsung Kasat Lantas Polres Bogor,  AKP Hasby Ristama. Hal ini dilakukan untuk antisipasi timbulnya kecelakaan.

Truk yang mengangkut muatan  dan melintas di Jalur Bogor Ciawi dan Sukabumi, diminta menepi. Satu per satu kendaraan diperiksa petugas, mulai dari kelengkapan surat kendaraan hingga SIM dan ban kendaraan.

Operasi yang melibatkan petugas Dishub Kabupaten Bogor ini dipusatkan di Jalan Mayjen HS Sukma Km 15 Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin.

“Target operasi yakni kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan truk yang melintas di Jalur Bocimi,” kata AKP Hasby Ristama, Kasat Lantas Polres Bogor.

Untuk pelaksanaan penindakan dilakukan secara stasioner. Semua kendaraan dengan roda enam dan lebih, baik yang mengarah ke Sukabumi maupun yang mengarah Jakarta,  diperiksa secara ketat.

Tercatat ada lebih dari 200 kendaraan roda 6 atau lebih yang diperiksa, banyak ditemukan berbagai jenis pelanggaran, mulai dari surat-surat sampai kondisi ban dan kir.

“Mayoritas kesalahan yaitu surat-surat tidak sesuai. Masih ditemukan pengendara truck dengan menggunakan SIM A, tidak layak jalan seperti ban yang sudah botak dan tidak layak pakai, Kir yang sudah mati atau belum di perpanjang,” papar AKP Hadby.

Dalam penindakan tersebut, Sat Lantas Polres Bogor melakukan penindakan pelanggaran dengan menggunakan E- Tilang sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Sedangkan KIR kendaraan yang habis masa berlaku ditindak oleh petugas Dishub.

“Data yang dihimpun, Sat Lantas menindak 28 STNK dan 7 SIM. Sedang Dishub menindak 8 kendaraan,” tandas AKP Hasby.  (yopi/win)