Wednesday, 14 November 2018

Sandi Bantah Skema Rumah DP 0 Persen Berubah

Rabu, 12 Juli 2017 — 21:11 WIB
Sandiaga Salahudin Uno

Sandiaga Salahudin Uno

JAKARTA (poskotanews.com) -Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan bahwa rumah DP 0 persen akan ada di Jakarta. Tapi rumah itu bukan untuk umum melainkan hanya bagi warga berpenghasilan antara Rp7- Rp10 juta per bulan.

“Batasan penghasilan itu untuk memastikan bahwa mereka harus sanggup mencicil. Karena DP 0 rupiah kategorinya untuk pendapatan sekitar Rp 7-Rp 10 juta per bulan. Kalau di bawah itu enggak cocok untuk pola rumah dengan DP 0 rupiah,” kata Sandiaga, Rabu (12/7).

Sandi menambahkan, besarnya cicilan tergantung pada harga hunian yang hendak dimiliki, juga melalui ketentuan penghasilan peserta program. “Jadi yang partisipasi harus yang punya penghasilan tertentu untuk membayar cicilannya,” kata Sandi.

Semua akan dihitung, bukan berarti punya penghasilan Rp7 juta langsung bisa ambil rumah DP 0 persen. Kalau sisa dari penghasilannya hanya Rp100 ribu juga tidak mungkin. “Jadi, harus ada selisi untuk bisa menabung dan digunakan menyicil rumah,” tambahnya.

Sandi mengelak, skema ini berbeda dengan janji kampanye saat dia belum terpilih. Menurutnya cara ini sama dengan apa yang disampaikan saat kampanye.

“Ini masih sama dengan yang dibicarakan dulu. Itu skema pertama waktu kami masih sosialisasi. Sekarang tim lagi memfinalkan skemanya seperti apa,” ujar Sandi.(us)