Sunday, 19 November 2017

Angkut 116 Penumpang, KM Madani Nusantara Kandas di Kalsel

Minggu, 16 Juli 2017 — 21:30 WIB
Evakuasi penumpang KM Madani Nusantara yang Kandas di Perairan Kalimantan Selatan.

Evakuasi penumpang KM Madani Nusantara yang Kandas di Perairan Kalimantan Selatan.

JAKARTA (Pos Kota) – Kapal Motor (KM) Madani Nusantara milik PT Prima Vista kandas di posisi sebelah Utara Pulau Suwangi Selat Laut Perairan Kotabaru Kalimantan Selatan, Sabtu.

Kapal Ro-Ro penumpang dengan GT. 4300 tersebut mengangkut  116 penumpang dan tujuh kendaraan  berangkat dari Pelabuhan Batulicin menuju pelabuhan Pare-Pare, namun pada posisi 03-27-3489 S / 116-02-2299 E, sekitar 3,5 NM dari Pelabuhan Batulicin.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyebutkan laporan kandasnya KM. Madani Nusantara tersebut diterima oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kotabaru.

Selanjutnya petugas melakukan aksi tanggap darurat penyelamatan kapal dimaksud dengan berkoordinasi dengan PT Pleindo III cabang Kotabaru, PT. ASDP Cabang Batulicin, PT. Jembatan Nusantara (PT. Prima Vista) dan Polair Batulicin.

Kepala Kantor KSOP Kotabaru, Aprianus Hangky menambahkan Kapal Patroli KPLP, TB. Lestari Abadi milik PT. Pelindo III Cabang Kotabaru, KMP. Mahakam Raya, KMP. Jembatan Musi II dan KMP. Gading Nusantara untuk mengevakuasi para penumpang.

Dikatakannya, kapal kandas cukup dangkal dan sangat berbahaya bagi kapal-kapal yang membantu untuk langsung sandar berdampingan dengan kapal KM. Madani Nusantara sehingga kru kapal menurunkan penumpang dengan 13 unit life raft.

“Para penumpang diturunkan di dermaga ferry penyeberangan milik PT ASDP cabang Batulicin dan selanjutnya seluruh penumpang yang  selamat ditangani oleh PT Jembatan Nusantara (PT Prima Vista),” ujar Hangky. (dwi/win)