Thursday, 26 April 2018

PT KAI Berharap Pemda Tutup Pintu Perlintasan Kereta

Minggu, 16 Juli 2017 — 21:55 WIB
Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JAKARTA (Pos Kota) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berharap Pemerintah Daerah (Pemda) di setiap daerah menutup perlintasan sebidang rel kereta api, guna menekan angka kecelakaan.

“Perlintasan sebidang merupakan pintu palang tidak resmi dan seharusnya sudah tidak ada lagi, penutupannya seharusnya menjadi tanggung jawab Pemda setempat,” tutur Direktur Utama PT KAI) Edi Sukmoro, Minggu (16/7).

Penutupan itu sendiri demi keselamatan lalu lintas, mengingat tak sedikit jumlah kendaraan yang tersemper kereta api di perlintasan. PT KAI sudah melakukan audiensi ke masyarakat mengenai bahayanya perlintasan sebidang dan disepakati untuk ditutup karena tidak resmi.

Sebagai operator angkutan kereta api, akan mendungkung penuh bila Pemda menutup perlintasan sebidang, meskipun diakui bukanlah perkara gampang, mengingat membutuhkan biaya yang tak sedikit.

“Penutupan bisa dilakukan secara bertahap, dan penggantinya di lokasi perlintasan bisa dibangun flyover atau under pass hingga tidak bersilangan dengan kereta api yang melintas,” katanya. (dwi/win)