Wednesday, 26 July 2017

Viral di Medsos, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di-bully di Gunadarma, Pelaku Diincar

Minggu, 16 Juli 2017 — 17:22 WIB
Potongan video yang adegan bully mahasiswa berkebutuhan khusus (autis) di kampus yang disebutkan Kampus Gunadarma. (ist)

Potongan video yang adegan bully mahasiswa berkebutuhan khusus (autis) di kampus yang disebutkan Kampus Gunadarma. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Media sosial geger dengan unggahan video adegan pembullyan terhadap remaja dalam gambar terlihat (maaf) menderita autis. Kejadian itu, diunggah dalam Instagram oleh satu akun, yang dalam keterangannya menyebut, kejadian di kampus Universitas Gunadarma.

Video ini sudah menjadi viral di dunia maya. Tidak disebutkan lokasi kampus tempat kejadian, Universitas Gunadarma sendiri ada beberapa lokasi, dua komplek gedung  terbesar berlokasi di Depok Jawa Barat. Dalam beberapa komentar, nama korban adalah Farhan.

Adalah akun @thenewbikingregtan yang pertama kali mengunggah video tersebut. Dalam video tersebut terlihat seorang mahasiswa berkebutuhan khusus atau autis yang mengenakan jaket abu-abu dan menggendong tas ransel.

Terlihat di belakang mahasiswa itu salah satu pembully di berbaju dan celana gelap hitam, dia menarik ke belakang tas ransel pemuda autis tersebut. Beberapa rekan lainnya di depan ikut membully.

Tarikan dan ledekan luar biasa ini membuat pemuda ini sampai tidak bisa berjalan, dan akhirnya tangannya mengibas ke belakang terlihat cukup kuat, sehingga tarikan itu terlepas.

Seiring dengan lepasnya tarikan itu, justru terdengar dari mereka ada yang tertawa. Korban yang kesal, beberapa langkah berikutnya melempar tong sampah, dan disambut tertawa lagi oleh kerumunan di situ.

Dalam teks keterangan yang diunggah oleh akun tersebut diungkapkan bahwa perlakuan seperti itu hampir tiap hari diarahkan kepada korban. Pengunggah menyatakan, bully kalau terhadap orang songong tak masalah, namun kalau bully kepada korban seperti itu, kenapa harus dilakukan.

Akun ini juga menyatakan, kemungkinan yang melakukan bully adalah akun @Arvinarriss dan yang memvideoakan @jullliocrazy.  Disebutkan pula, di situ yang menyaksikan malah tepuk tangan.

Video ini mendapat banyak tanggapan dari para netizen, yang mayoritas mengutuk, dan meminta agar pelaku agar dihukum.

Akun @sintaquina menyatakan, pelaku telah melakukan tindakan biadab. “Ya Allah, gw gamparin nii manusia biadab, gw punya adek juga autis, gak terima anak spesial ini di jahatin.

Akun @muhamadrusliansyah menyatakan rasa gondoknya dengan tindakan pelaku. “Untuk alumni gundar dan mahasiswa yg masih aktif, jika pelaku sudah dapat mohon incar yg pelempar tong sampah itu. gua gondok sama tuh bocah tengilnya minta ampun. suruh si farhan sebagai korban lempar balik jangan pakai tong sampah, kalau perlu pakai batu bata ke kepalanya pelaku. si pelaku beraninya sama yg kurang mental banci lu bray,” ujarnya.

Ini komentar keheranan dari @fitrahntsya19, dia menyatakan, perilaku para pembulyy seperti anak TK. “Astaghfirullahaladzim😢masih ada aja maen bully2an kyk gitu, itu mahasiswa atau anak tk,” ujarnya.

Ada banyak lagi komentar, di antaranya dengan umpatan kotor dan kasar. Semuanya, hingga pukul 17.00 masih tayang di akun pengunggah tersebut. (win)