Monday, 20 November 2017

Pembully Mahasiswa Universitas Gunadarma Meminta Maaf

Senin, 17 Juli 2017 — 17:39 WIB
Potongan video yang adegan bully mahasiswa berkebutuhan khusus (autis) di kampus yang disebutkan Kampus Gunadarma. (ist)

Potongan video yang adegan bully mahasiswa berkebutuhan khusus (autis) di kampus yang disebutkan Kampus Gunadarma. (ist)

DEPOK (Pos Kota) – Pihak rektorat Universitas Gunadarma angkat bicara terkait video pembully-an  mahasiswa Universitas Guna Sempat, yang kebetulan berkebutuhan khusus, oleh sesama teman mahasiswa.  Video itu sudah membuat heboh dan viral di media sosial (medsos).

Menurut Wakil Rektor III Universitas Gunadarma, Irwan Bastian, mengatakan mahasiswanya sudah melakukan permintaan maaf kepada korban dan orangtuanya di kediaman korban.

“Pelaku secara informal sudah langsung datang ke rumah dan menyampaikan penyesalannya dan minta maaf,” ujarnya kepada wartawan di depan Gedung Rektorat Gunadarma, Beji, Kota Depok, Senin (17/7) siang.

Permintaan maaf pelaku kepada korban tersebut tidak akan mempengaruhi aturan sanksi yang akan diberikan Universitas Gunadarma atas perbuatannya.

“Kami punya aturan tata tertib yang berlaku dan mahasiswa harus ikuti aturan berlaku. Keputusannya apa? Nanti setelah hasil investigasi selesai,” tuturnya.

(Baca: Sejumlah Organisasi Kecam Tindakan Bullying Terhadap Mahasiswa Disabilitas)

Pelaku merupakan teman sekelas korban. Kini mereka telah diperiksa rektorat untuk mengetahui fakta sebenarnya dari peristiqa tersebut.

“Kami sudah memanggil para pelaku yang diketahui mereka itu satu kelas. Untuk melengkapi data dan fakta kami akan interogasi mereka semua untuk mengetahui secara pasti apa motifnya. Kami sudah bentuk tim investigasi nanti hasilnya akan dilaporkan, ya, sesegera mungkin,” tambahnya.

Sebelumnya, media sosial geger dengan unggahan video adegan pembully-an terhadap remaja dalam gambar terlihat (maaf) menderita autis. Kejadian itu, diunggah dalam Instagram oleh satu akun, yang dalam keterangannya menyebut, kejadian di kampus Universitas Gunadarma.

Video ini sudah menjadi viral di dunia maya. Tidak disebutkan lokasi kampus tempat kejadian, Universitas Gunadarma sendiri ada beberapa lokasi, dua komplek gedung  terbesar berlokasi di Depok Jawa Barat. Dalam beberapa komentar, nama korban adalah Farhan.

Adalah akun @thenewbikingregtan yang pertama kali mengunggah video tersebut. Dalam video tersebut terlihat seorang mahasiswa berkebutuhan khusus atau autis yang mengenakan jaket abu-abu dan menggendong tas ransel.

Terlihat di belakang mahasiswa itu salah satu pembully di berbaju dan celana gelap hitam, dia menarik ke belakang tas ransel pemuda autis tersebut. Beberapa rekan lainnya di depan ikut membully. (Angga/win)