Tuesday, 12 December 2017

Sidang Praperadilan Koperasi Pandawa Digelar di PN Depok

Senin, 17 Juli 2017 — 18:51 WIB
Majelis Hakim Teguh Arifiano sebelum melaksanakan sidang pra peradilan Koperasi Pandawa. (anton)

Majelis Hakim Teguh Arifiano sebelum melaksanakan sidang pra peradilan Koperasi Pandawa. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Puluhan anggota Koperasi Pandawa datangi Pengadilan Negeri (PN) Depok untuk mengikuti sidang praperadilan terkait penyidikan, penahanan pimpinan, sejumlah leader koperasi oleh Polda Metro Jaya.

Sidang dipimpin Hakim Tunggal Teguh Arifiano SH di ruang Utama Cakra di PN Depok hanya berlangsung 15 menit, Senin (17/7).

Sidang itu dilanjutkan besok Selasa (18/7) hingga Jumat (21/7). “Karena semua sudah mengetahui masalah tuntutan dan permohonan praperadilan dalam sidang tidak dibacakan masalah itu, ” ujarnya.

pandawa1

Pengurus maupun anggota Koperasi Pandawa yang memadati ruang sidang Cakra di PN Depok saat sidang pertama praperadilan. (anton)

Sebelumnya diberitakan, 27 tersangka dugaan penipuan termasuk pimpinan Koperasi Pandawa, Salman Nuryanto yang sebelumnya tukang bubur ayam di kawasan Sawangan ditahan polisi juga disita 40 unit mobil dan puluhan sepeda motor mewah oleh Polda Metro.

Kasusnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok dari Subdit Fismondev Distreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dalam kesempatan terpisah Kuasa Hukum Pemohon, M. Amsory, mengatakan pihaknya menilai kegiatan penyidikan dan penahanan tidak sesuai undang-undang dan tida sah. Baik mengenai penahanan ketua koperasi dan 23 anggota atau leader diamond, barang bukti dan lainnya.

Suasana sidang praperadilan tersebut banyak dihadiri pengurus maupun anggota Koperasi Pandawa hingga sebagian besar menyaksikan jalannya sidang dari luar ruangan yang dijaga ketat petugas Polsek Sukmajaya. (anton)