Saturday, 18 November 2017

Siswa SMPN 273 Pelaku Kekerasan di Thamrin City Satu Geng Sejak SD

Senin, 17 Juli 2017 — 17:03 WIB
Potongan video kekerasan siswa SMP.

Potongan video kekerasan siswa SMP.

JAKARTA  (Pos Kota) РAksi kekerasan yang dilakukan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di pusat perbelanjaan Thamrin City ternyata dilakukan oleh geng. Geng tersebut terbentuk sejak Sekolah Dasar (SD) dan berlanjut pada tingkat SMP. Aksi kekerasan itu terekam dalam video dan beredar di media sosial (medsos).

“Kejadianya hari Jumat. Terjadi di Thamrin City. Rupanya itu geng dari SD. Seketika di SD mereka punya geng,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Sopan Andrianto saat dihubungi, Senin (17/7/2017).

Sopan menjelaskan, baik pelaku maupun korban kekerasan merupakan siswa SMPN 273 Tanah Abang. Menurut Sopan ada juga pelaku yang bukan dari anggota geng maupun siswa SMPN 273.

“Korban dan pelaku dari SMP 273. Tapi ada pelaku yang bukan dari SMP 273. Korban dan pelaku sama-sama kelas 7, satu lating,” imbuhnya.

(Baca: Video Kekerasan Siswa SMP, Kadisdik: Bukan di Lingkungan Sekolah Saat MPLS)

Sopan menegaskan akan menjatuhkan sanksi terhadap pelaku yang merupakan siswa baru di SMPN 273. Pihaknya akan mengembalikan pembinaan kepada orang tua masing-masing.

“Dikembalikan ke orang tua apalagi belum seminggu baru belajar baru masa MPLS. Belum belajar secara intens kok sudah buat gaduh,” tandas Sopan.

Saat ini, Dinas Pendidikan DKI Jakarta bersama kepolisian dan Kementerian Penddidikan dan Kebudayaan tengah melakukan investigasi terkait tindak kekerasan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Video tindak kekerasan yang dilakukan sesama siswa SMP tersebut kini menjadi viral di media sosial. (ikbal/win)