Thursday, 27 July 2017

Terkait 1 Ton Sabu, Lima Kru Kapal Pesiar Ikut Diamankan

Senin, 17 Juli 2017 — 23:43 WIB
Polisi giring awak kapal yang diduga terlibat penyelundupan 1 ton sabu

Polisi giring awak kapal yang diduga terlibat penyelundupan 1 ton sabu

TANGERANG (Pos Kota) – Direktorat Polda Metro Jaya mengamankan lima kru kapal pengangkut 1 ton sabu ke kawasan Pantai Anyer, Serang, Banten. Nahkoda kapal Wanderlust beserta empat anak buahnya itu diamankan di Perairan Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam.

Mereka yang diamankan yakni Tsai Chih Hung, Sun Chih Feng, Kuo Chun Yuan, Sun Kuo Tai, dan Juang Jin Sheng. Saat ini kelima WN Taiwan diperiksa di Mapolda Metro Jaya guna pengembangan lebih lanjut.

“Mereka ini semuanya orang Taiwan. Mereka biasa berlayar menggunakan kapal pesiar,” ungkap Kasubdit 3 Satuan Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudantara saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (17/7/2017) malam.

Bambang menjelaskan, kapal pesiar yang membawa sabu sebanyak 1 ton itu telah dimodifikasi guna mengelabui petugas.

“Ada beberapa space yang memang dimodifikasi, diburitan kapal untuk khusus membawa sabu. Informasi ini semua berdasarkan kerjasama internasional dan Kepolisian Taiwan,” kata Bambang.

Menurut Bambang, kelima kru kapal ini masuk ke perairan Indonesia tanpa dibantu pemandu. “Rutenya itu jalur masuk melalui sisi luar Sumatera. Dari Thailand masuk ke sisi barat bagian Sumatera kemudian mengarah ke Selat Sunda,” terangnya.

Saat ini, kata Bambang, pihaknya akan terus mengembangan kasus penyelundupan 1 ton sabu tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian Taiwan guna melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Kami juga masih menyelidiki market penjualan narkoba yang mereka bawa ini,” tandasnya. (imam)