Wednesday, 26 July 2017

Kantor Kades Cipancuh Termegah di Indramayu

Selasa, 18 Juli 2017 — 7:06 WIB
Kantor Kades Cipancuh  di Indramayu

Kantor Kades Cipancuh di Indramayu

INDRAMAYU (Pos Kota) – Kantor Kepala Desa Cipancuh, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, boleh jadi merupakan salah satu kantor kepala desa termegah di Kabupaten Indramayu bahkan di Jawa Barat.

Bukan karena mahalnya biaya pembangunan Kantor Desa Cipancuh itu, tetapi karena memang fasilitas yang ada di dalamnya terbilang wah. Model atau gaya arsiktekturnya cukup menarik dan modern. Tidak umum seperti model atau gaya arsitektur bangunan Kantor Kepala Desa di Jawa yang rata-rata memiliki bangunan berbentuk Pendopo.

Kantor Kepala Desa Cipancuh dirancang dan digambar sendiri Kepala Desa Cipancuh, Wawan,S.IP saat memasuki periode kedua jabatan Kepala Desa Cipancuh. Niat memiliki bangunan kantor Kepala Desa termegah di Kabupaten Indramayu itu muncul ketika mendapat tantangan dari sebagian masyarakat yang meragukan Kades Cipancuh, Wawan,S.IP jika terpilih lagi menjadi Kades Cipancuh pada periode kedua seolah-olah tidak mampu membangun Kantor Kepala Desa.

Tantangan itu ternyata dijawab dengan tekad kuat dan kesungguhan. Kepala Desa Cipancu ingin membuktikan kepada masyarakat dia mampu membangun kantor kepala desa yang megah dan repersentatif. Sebelum membangun kantor Kepala Desa Cipancuh yang megah itu, Pemdes Cipancuh sudah membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat sekitar, seperti pembangunan jalan lingkungan, jalan desa dan sebagainya.

Setelah pembangunan infrastruktur yang menyentuh kepentingan langsung masyarakat , barulah Kades Wawan,S.IP mulai merintis dan mewujudkan pembangunan Kantor Desa Cipancuh dengan desain gambar yang sengaja dibuat sendiri. Saat awal pembangunan, Kades Cipancuh sempat bingung. Dalam pikirannya, darimana uang untuk membangun Kantor Kades yang megah itu.

Makanya ia mengawali modal dengan menyiapkan uang pribadi sampai ratusan juta rupiah. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap. Silih berganti biaya pembangunan pun diperoleh baik dari bantuan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bangunan Kantor Desa Cipancuh ungkap Kaur Perencanaan Desa Cipancuh, Cato Hadinata baru mencapai 70 persen. Biaya yang sudah terserap mencapai Rp2,4 miliar. “Pembangunannya sampai sekarang masih berlanjut baru rampung sekitar 70 persen,” katanya.

Mengingat pembangunan i belum rampung seluruhnya, maka Kantor Desa Cipancuh yang nampak megah itu belum diresmikan. Tinggal 30 persen lagi yang harus diselesaikan, termasuk lahan parkir, sarana bermain anak-anak juga sarana olahraga yang bisa dimanfaatkan bagi pemuda-pemudi Desa Cipancuh.

Jika pembangunan rampung tentu membutuhkan biaya lebih dari Rp3 miliar. Kantor Kepala Desa Cipancuh berukuran panjang lebih 50 meter dan lebar 25 meter. Ada 10 ruangan kerja yang semuanya berukuran jumbo alias ukuran besar jika dibandingkan dengan ruangan kerja di kantor kepala desa yang lain.

Khusus ruangan kerja kepala desa ukurannya cukup lega. Panjangnya sekitar 7 meter dan Lebar 6 meter. Udara cukup adem karena ber-AC. Di dalamnya terdapat kamar untuk beristirahat dan dilengkapi dengan kamar mandi dan WC dengan lantai yang berbahan granit. Jumlah kamar mandi dan WC di Kantor Kepala Desa Cipancuh itu seluruhnya ada tiga

Pembangunan Kantor Kepala Desa Cipancuh dimulai Tahun 2015. Hingga sekarang belum selesai. (taryani)