Monday, 18 December 2017

Polri Siap Bentuk Densus Anti Korupsi, Jaksa Agung: Nggak Masalah

Selasa, 18 Juli 2017 — 21:03 WIB
Jaksa Agung M Prasetyo

Jaksa Agung M Prasetyo

JAKARTA (Pos Kota) – Berlomba dalam pemberantasan tindak pidana korupsi yang makin masif dan tersebar ke seantero tanah air adalah tindakan yang baik.
“Itu berlomba dalam kebaikan. Nggak masalah,” ujar Jaksa Agung M Prasetyo di Kejaksaan Agung, Selasa (18/7/2017). Sebelumnya, Kapolri mengungkapkan rencana membentuk Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Dia juga menyebutkan Kejagung sudah mempungai Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Anti Tipikor. Ini sudah dibentuk sejak 2015 dan hasilnya cukup menggembirakan.

“Itu semua tentunya menjadi trigger (pemacu) bagi yang lain untuk melakukan hal serupa. Kejagung juga tidak hanya menegakan hukum secara represif, tapi juga preventif,” ujarnya seraya mencontohkan TP4 (Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan) Pusat dan Daerah.

Sejak dua tahun berdiri, sudah puluhan bahkan ratusan diselidiki, disidik, dituntut dan dilimpah ke pengadilan serta berhasil disita triliunan rupiah hasil kerugian negara. Tapi ada juga perkara yang dihentikan karena tidak cukup bukti. (ahi)