Monday, 24 September 2018

Hari Terakhir MPLS, Siswa Baru SMAN Bersihkan Masjid

Rabu, 19 Juli 2017 — 13:01 WIB
Para siswa peserta didik baru di SMAN 1 Darangdan menutup MPLS dengan membersihkan Mesjid Al Firdaus yang berada disekitar lingkungan sekolah, Rabu (19/07/2017). (dadan)

Para siswa peserta didik baru di SMAN 1 Darangdan menutup MPLS dengan membersihkan Mesjid Al Firdaus yang berada disekitar lingkungan sekolah, Rabu (19/07/2017). (dadan)

PURWAKARTA (Pos Kota) – Ratusan siswa peserta didik baru di SMAN 1 Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menutup Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan membersihkan masjid yang berada di sekitar lingkungan SMAN 1 Darangdan Jln Raya Sawit Bojong KM 1 Darangdan, Rabu (19/07/2017).

Kepala Sekolah SMAN 1 Darangdan Tanti Erlianingsih Mpd, mengatakan, kegiatan bakti sosial para siswa baru dengan membersihkan Mesjid Al Firdaus yang berada disekitar lingkungan sekolah merupakan implementasi dari pendidikan karakter.

“Salah satu materi pada MPLS yakni pendidikan karakter. Dihari ketiga atau terakhir MPLS, kami mengajak para siswa turun langsung ke masyarakat menggelar bakti sosial membersihkan masjid,” ujar Tanti kepada Pos Kota di ruang kerjanya, Rabu (19/07/2017).

Menurut Tanti, pihaknya tidak ingin siswa menguasai pendidikan karakter tersebut sebatas teori, tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan nyata dimasyarakat.

Lebih lanjut Tanti menyebutkan, sasaran kegiatan ini, menanamkan nilai nilai religi pada diri siswa dan menumbuhkembangkan rasa kepekaan sosial.

“Saya berharap, kegiatan ini terpatri dan tertanam pada diri para siswa sehingga melahirkan pribadi yang bertanggung jawab, peka terhadap lingkungan dan berakhlak mulia,” harap Tanti.

Ditempat yang sama Wakil Ketua DKM Mesjid Al Firdaus Tatang Adi Nugraha mengapreasiasi kegiatan para siswa peserta didik baru di SMAN 1 Darangdan.

“Adanya keterlibatan pihak sekolah yang peduli terhadap tempat ibadah, saya pikir ini positif. Kegiatan ini menanamkan nilai nilai religi dan kepedulian sosial siswa,” ujarnya.

Moch Agung, seorang peserta didik baru yang ikut membersihkan mesjid mengaku senang bisa terlibat langsung dalam aksi membersihkan mesjid.

“Ini pengalaman pertama saya ikut membersihkan mesjid. Kegiatan ini memberi banyak manfaat agar kita ikut peduli akan kebersihan tempat ibadah umat muslim,” pungkasnya.

(dadan/sir)