Sunday, 18 November 2018

Walikota Airin Ingin Situ Pemulang Jadi Pasar Terapung

Rabu, 19 Juli 2017 — 14:34 WIB
Kawasan Situ Pamulang yang bakal dijadikan salah satu tempat wisata baru sebagai Psaar terapung di Kota Tangsel. (anton)

Kawasan Situ Pamulang yang bakal dijadikan salah satu tempat wisata baru sebagai Psaar terapung di Kota Tangsel. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) berniat memiliki kawasan wisata atau pasar terapung di salah satu situ yang ada di wilayahnya sebagai salah satu inovasi serta menjadikan Kota Tangsel sebagai salah satu kota tujuan wisata.

“Sejumlah situ yang ada di Kota Tangsel memang memiliki ciri khas yang berbeda dan bermacam-macam dilihat dari lingkungan sekitar namun bila salah satu situ dapat dijadikan pasar terapung tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kegiatan pariwisata maupun pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar situ,” kata Walikota Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat retno Prawati, Rabu (19/7/2017).

Sebagai contoh situ atau Tandon Air Ciater nantinya akan dijadikan kawasan pertanian terpadu, situ Jaletreng bakal difokuskan untuk kegiatan wisata lokal untuk masyarakat Tangsel dan situ lainnya tanpa menghilangkan fungsi sebagai salah satu resapan air.

Upaya membuat pasar terapung tentunya perlu dikaji dan disiapkan secara matang, ujarnya yang sudah meminta pihak DPU setempat untuk mewujudkan tempat tersebut yang nantinya bakal dijadikan salah satu obyek wisata baru. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan untuk mengandeng pihak swasta dalam mewujudkan pasar terapung dengan dilengkapi sejumlah spot yang menarik seperti pusat kuliner dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, Kepala DPU setempat Retno Prawati, menambahkan usulan Bu Walikota memang sudah disiapkan termasuk konsepnya yaitu di Situ Pamulang dan Situ Jelupang kawasan BSD. Persiapan penataan dan perbaikan kawasan Situ Pamulang yang bakal dijadikan pasar apung bakal selesai tahun 2018 mendatang.

Tidak hanya pasar terapung yang disiapkan, imbuhnya tapi sejumlah pusat kuliner, tempat permainan dan lahan parkir juga harus disiapkan. Setelah situ Pamulang selesai dikerjakan kemudian akan menyiapkan dan berkoordinasi pihak pengembang BSD untuk menata Situ Jelupang sebagai salah satu tempat wisata baru.

(anton/sir)