Monday, 23 October 2017

KPK Periksa Andi Narogong Saksi Perdana Setnov

Kamis, 20 Juli 2017 — 11:24 WIB
Andi Narogong

Andi Narogong

JAKARTA (Pos Kota) – Babak pemeriksaan kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dengan tersangka Ketua DPR RI Setya Novanto dimulai, Kamis (20/7/2017). Adalah pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong diperiksa perdana sebagai saksi.

“Andi Agustinus diperiksa sebagai saksi atas tersangka SN (Setya Novanto),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2017).

Andi sendiri telah berstatus tersangka dalam megakorupsi yang disinyalir merugikan keuangan negara hingga Rp2,3 triliun ini. Dia juga telah menjadi tahanan KPK.

Komisi antirasuah pun hari ini menjadwalkan pemeriksaan lima saksi untuk Andi selaku tersangka. Salah satu saksi yang akan dimintai keterangan itu adalah PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri, Fajar Kurniawan.

Kemudian, Komisaris PT Berkah Langgeng Abadi, July Hira; Direktur Utama PT Noah Arkindo, Hoan Dedei; Direktur PT Noah Arkindo, Frans Hartono Arief; dan wiraswasta PT Harrisma Agung Jaya, Nana Juhana Osay.

Sementara itu, terhadap Setya Novanto, KPK belum memeriksanya sejak Ketua Umum Partai Golkar itu ditetapkan sebagai tersangka. Ia juga belum ditahan.

Penetapan Novanto sebagai tersangka diumumkan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo, Senin (17/1/2017). Pria yang juga akrab disapa Setnov itu diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan proyek senilai Rp5,9 triliun itu. Mulai perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa, melalui tersangka Andi Narogong.

Terkait korupsi e-KTP, KPK sudah menetapkan lima tersangka. Selain Andi dan Setnov, tersangka lainnya yakni mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman; Direktur Data dan Informasi Kemendagri, Sugiharto; dan Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Markus Nari.

(julian/sir)