Wednesday, 18 October 2017

10 Pemain Persija Tahan Imbang Persib 1-1

Sabtu, 22 Juli 2017 — 20:47 WIB
Ramdani Lestaluhu (Persija) menyamakan kedudukan (instagram@persijajkt)

Ramdani Lestaluhu (Persija) menyamakan kedudukan (instagram@persijajkt)

BANDUNG (Pos Kota)- Bermain 10 orang sejak menit ke-65, Persija, Jakarta berhasil menahan imbang Persib Bandung 1-1 dalam lanjutan Liga 1 yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2107) malam WIB.

Persija harus bermain 10 orang setelah Sandi Darma Sute menerima kartu kuning kedua dari wasit karena gelandang ini melakukan tekel keras terhadap Matsunaga.

Kedua gol tersebut tercipta pada babak pertama yaitu untuk Persib dicetak oleh Jufriyanto pada menit ke-15, namun empat menit kemudian Persija membalas lewar gol Lestaluhu.

Dengan hasil ini Persib berada di posisi 12 klasemen sementara dengan poin 21 dari 16 kali laga sedangkan Persija tetap berada di posisi ketujuh dengan poin 25 dari 16 kali bertanding.

Menghadapi tuan rumah Persib yang didukung lebih dari 36 ribu penonton, Persija tetap bermain ngotot. Meski beberapa kali diganggu penonton mereka tetap bermain tenang. Seperti pada menit keenam pendukung Persib, ada yang melempar Ismed di tepi lapangan. Bek sayap Persija itu pun harus menunggu sejenak sebelum dapat mengeksekusi bola. Atep pemain Persib pun minta kepada penonton agar tidak melempar pemain.

Persib unggul lebih dulu berawal ketika Atep melepaskan sepak pojok lalu Jufriyanto berhasil menanduk bola dan berhasil membobol gawang Persija. Penonton di Stadion Gelora Bandung Lautan Api langsung bergemuruh.

Namun hanya dalam tempo empat menit Persija mampu membalas lewat gol Rizki Ramdani Lestaluhu. Awalnya Rohit memberi umpan terobosan kepada Ramdani Lestaluhu yang berlari menerobos ke sisi kanan area penalti. Ia lalu melepaskan tembakan kencang yang mengarah ke sisi kanan gawang. Wirawan tak sanggup melakukan penyelamatan sehingga kedudukan 1-1.

Gol ini membuat pemain Persija semakin percaya diri. Seperti pada menit ke-25 Persija menekan sang lawan. Ismed melepas umpan silang dari sayap kanan, namun bola meluncur terlalu deras sehingga tak sanggup diteruskan oleh Bambang.

Permainan mulai keras. Pada menit ke-34 misalnya terjadi benturan di mulut gawang yang melibatkan Jufriyanto dengan Andritany. Situasi berubah menjadi panas setelah Ismed juga terlibat friksi dengan Vujovic. Pemain Persib dan Persija lainnya, berserta wasit, coba mendinginkan suasana sehingga laga sempat berhenti.

Jual beli serangan diperagakan kedua tim. Hanya saja hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 1-1.

Memasuki babak kedua, Persib berusaha bangkit ingin meraih kemenangan dari musuh bebuyutannya itu. Sepertinya menang melawan Persja punya nilai tersendiri bagi pemain Persib demikian juga bagi penonton yang dikenal dengan julukan bobotoh.

Sayang pemain kedua tim justru menunjukkan permainan keras menurus kasar. Bahkan termasuk Essien mantan pemain Chelsea ikut-ikutan bermain kasar.

Ismed sempat terkapar setelah menerima dorongan keras dari Essien. Sejumlah pemain Persija memprotes wasit yang tidak memberikan kartu kepada gelandang Persib tersebut.

Penonton juga kembali berulang dengan melempari pemain Persija. Bahkan wasit terpaksa menghentikan beberapa menit pertandingan.

Dan pada menit ke-65, Persija bermain 10 orang ketika Sandi Darma Sute diusir wasit dari lapangan. Unggul jumlah pemain tidak bisa dimanfaatkan oleh Persib dan hingga babak kedua usai kedudukan tetap imbang 1-1. (B)