Tuesday, 13 November 2018

Bajaj Roda Empat Gantikan Generasi Roda Tiga dan Bemo

Sabtu, 22 Juli 2017 — 11:52 WIB
Peremajaan bajaj

JAKARTA  (Pos Kota) – Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Organisas Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta saat ini tengah melakukan ujicoba bajaj roda empat. Ujicoba yang dilakukan sejak 19 Juli 2017 lalu ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan kehadiran bajajr roda empat tersebut.

Ketua Organisasi Angkutan Darat DKI Jakata, Shafruhan Sinungan mengatakan bajaj roda empat tidak hanya digunakan sebagai pengganti bemo yang sudah dilarang beroperasi. Bajaj roda empat merupakan peremajaan dari bajaj roda tiga yang sekarang masih beroperasi.

“Sebenernya ini soisialisasi kepada masyarakat bahwa bajaj roda tiga nantinya akan diganti dengan bajaj roda empat. Nantinya peremajaan bertahap, bajaaj roda tiga akan diganti roda empat. Termasuk gantikan posisi bemo,” ujar Shafruhan saat dihubungi, Sabtu (22/7/2017).

Shafruhan menjelaskan, bajaj roda empat merupakan pemenuhan terhadap  Peraturan Menteri 28 tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2014 Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Lebih lanjut, Shafruhan menerangkan dalam ujicoba, Organda DKI menggunakan 17 lebih armada yang secara mobile melintas di jalan-jalan yanag biasa bajaj roda tiga beroperasi.  “Kemarin diluncurkan 17 kemudian ditambah lagi. Makanya kita mobile dulu, muter dulu,” imbuhnya.

Selain dalam rangka sosialisasi, ujicoba juga dilakukan guna mendapatkan masukan dari masyarakat sebagai pengguna transportasi. Karenanya dalam ujicoba,  bajaj roda empat juga mengangkut penumpang di dalamnya.

“Kan dia muter ada wilayah. Bisa juga naik penumpang agar bisa minta tanggapan penumpang. Kita perlu masukan dari penumpang. Ini umpan balik kepada masyarakat supaya bisa kasih masukan apa yang harus diperbaiki. Paling tidak nanti bisa memenuhi ekspektasi masyarakat,” tutup Shafruhan. (ikbal/win)