Sunday, 23 September 2018

Dahulu Tempat Mangkal Banci, Kini Kota Lama Semarang Kian Semarak

Selasa, 25 Juli 2017 — 17:00 WIB
Gereja Blenduk Di Kawasan Kota lama Semarang .

Gereja Blenduk Di Kawasan Kota lama Semarang .

KOTA LAMA Semarang, Jawa Tengah, dahulu dikenal sebagai kawasan kumuh, sepi dan rawan kriminalitas. Selain lokasinya yang kumuh dan sepi, wilayah ini juga remang-remang karena penerangan jalan yang minim.

Karena wilayahnya yang sepi dan remang-remang, wilayah ini sempat menjadi pangkalan para banci kota Semarang menjajakan diri setiap malamnya. Kawasan di Semarang bagian utara ini juga dikenal sebagai wilayah yang rawan kriminalitas. Seringkali terjadi tindak kejahatan di wilayah ini .

Tetapi dalam perkembangannya, kawasan ini terus dibenahi oleh pemerintah kota (Pemkot) Semarang. Wilayah yang dulunya remang-remang berubah menjadi terang benderang penuh lampu penerangan di sudut-sudut jalan. Kawasan yang dipenuhi oleh gedung-gedung kuno peninggalan jaman Belanda ini tampak semakin semarak dan cantik .

Kawasan ini juga tak lagi kumuh, Pemkot Semarang tampaknya benar-benar menjaga wilayah ini untuk selalu tampak indah, bersih , aman dan menarik wisatawan. Tak pelak kawasan Kota lama Semarang kini menjadi andalan Pemkot setempat sebagai kawasan wisata. Bahkan gedung-gedung kono yang terawat menjadikan para turis yang mengunjungi wilayah ini terkesan seperti berada di negeri kincir angin Belanda .

Pada dasarnya, area Kota Lama Semarang sering disebut Outstadt atau Little Netherland . Para turis serasa berada di negeri “Belanda Kecil” bila berada di kawasan jalan Suprapto Semarang itu.
Kawasan tersebut dinamakan Little Netherland karena pada awalnya (sekitar tahun 1741) dihuni oleh kolonialis Belanda. Selain permukiman bercorak Eropa, di kawasan ini juga terdapat perkantoran, perdagangan, dan hotel. Kawasan yang berdekatan dengan Stasiun Tawang itu memiliki landmark berupa Gereja Blenduk.

Kehadiran gereja yang terletak di tengah-tengah kawasan itu cukup menonjol. Bukan apa-apa, gereja ini terlihat paling tinggi di antara bangunan-bangunan lainnya. Secara keseluruhan, keragaman bangunan arsitektur di Little Netherland ini berlanggam art deco, renaisance, barouqe, dan Semarangan.Hanya saja , secara geografis, posisi Little Netherland tidak menguntungkan karena seringkali dilanda air laut pasang atau rob . Rob telah melumpuhkan sebagian daratan rendah dari berbagai aktivitas.

Berkunjung ke kawasan yang menjadi warisan dunia Unesco ini membuat anda merasa berada di Belanda tempo dulu. Kota Lama Semarang, salah satu pesona keindahan Kota Semarang. Di kawasan yang lokasinya dekat dengan Pasar Johar Semarang ini puluhan bangunan bersejarah . Para turis bila berkeliling di kawasan kota lama akan menemukan spot foto unik di sini.Wisatawan dapat menjelajahi kawasan kota lama dengan menggunakan Becak atau Ojek. Jangan ragu untk berhenti dan mengabadikan momen disini.

Gereja blenduk Sebagai simbol pluralitas di Jawa Tengah dan salah satu Landmark terbaik di Kota Semarang, menjadikan tempat ini menjadi incaran para pemburu foto baik professional atau para wisatawan. Demikian juga dengan Stasiun Kereta Api Tawang , gedung megah yang sampai sekarang masih beroprasi ini menggunakan gaya arsitektur Belanda . Bangunan kuno ini masih dipertahankan .

Kota Lama Semarang Malam hari Di kawasan ini , para wisatawan dapat menikmati eksotisme Kota lama saat malam hari. Wisatawan dapat mencoba sajian kuliner atau berkeliling kawasan dengan Becak. Perpaduan lampu jalan yang berwarna kuning makin membuat suasana kota lama semakin eksotis.
(suatmadji/sir)